Pengamat Politik Markoni Badri: Pemilu 2024, Banyak Calon Pemilih Irasional

Pengamat Politik Markoni Badri: Pemilu 2024, Banyak Calon Pemilih Irasional

Pengamat politik Sumsel sekaligus Pakar Marketing Politik, Dr Markoni Badri. Foto: dokumen/sumeks.co --

Pengamat Politik Markoni Badri: Pemilu 2024, Banyak Calon Pemilih Irasional

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pengamat politik Sumsel sekaligus Pakar Marketing Politik, Dr Markoni Badri menyatakan bahwa sebagain besar calon pemilih di Pemilu 2024 mendatang merupakan pemilih irasional

Menurutnya, hal ini tentu akan menjadi perhatian bagi para calon untuk bisa membranding diri sebagai upaya mempengaruhi pemilih.

“Tentunya dengan pemilih yang irasional ini, setiap calon harus pandai dalam membranding diri supaya nantinya pemilih tidak ragu-ragu  menentukan pilihan, termasuk juga dalam memperkuat jaringan serta finansial yang mumpuni,” ujarnya dalam acara Swara Kandidat yang usung oleh Lintas Politika pada Senin 22 Mei 2023 malam lalu.

Menurut dosen Universitas Sriwijaya ini, selain irasional, dalam gelaran pemilu legislatif maupun kepala daerah nanti, tentu juga harus menjadi perhatian bahwa jangan sampai masyarakat dikecewakan dengan kondisi dan sistem yang tidak sesuai dengan aturan berlaku. 

BACA JUGA:HOT UPDATE! Akun Bjorka Dibekukan, Warganet Malah Berharap 2 Hal ini, Terkait Pemilu 2024?

“Jangan sampai nanti masyarakat pemilih ini kecewa dengan segala macam kondisi yang tidak baik, misalnya sejumlah calon dari lingkungan keluarga, mulai dari anak, menantu, keponakan hingga semua keluarga terdekat semua mau menjabat,” tegasnya.

Ditemui usai acara diskusi Swara Kandidat, Direktur Eksekutif Lintas Politika Indonesia, Kms Khoirul Mukhlis menanggapi mengenai sejumlah calon legislatif maupun calon kepala daerah yang muncul dari kalangan keluarga, menurutnya hal itu wajar saja dan masih bagian dari hak demokrasi.  

“Namun bagi para calon pemilih, sebagian besar tentu akan menilai bahwa masih banyak juga putra-putri daerah khususnya Sumsel yang sukses di tingkat nasional untuk dapat menjadi calon pemimpin di daerah. Tentunya juga mereka yang sukses ini diharapkan mampu membawa perubahan di daerah misalnya kota Palembang, mulai dari penataan kota, sistem birokrasi hingga kesejahteraan masyarakat di perkotaan,” terangnya.

Saat ditanya siapa saja tokoh-tokoh masyarakat Sumsel yang sukses di Ibukota Negara itu, mantan Ketua KPU kota Palembang ini menyebutkan sejumlah nama yang dianggap mampu dan mumpuni untuk menjabat sebagai pemimpin di kota Palembang. 

BACA JUGA:Selain Bawaslu, Polri Petakan Indeks Potensi Kerawanan Pemilu 2024

“Diantaranya, Helmi Yahya yang sukses didunia entertainment, ada lagi M Arsjad Rasjid PM, pengusaha asal Sumsel yang saat ini menjabat ketua Kadin Pusat. Kemudian lagi ada Ketua Asosiasi Bahan Peledak Indonesia, Oyong Damiri SE MM, beliau ini juga putra asli daerah Sumsel yang sukses menjadi pengusaha di Ibu Kota Negara.” 

“Selain itu juga ada sosok Haidar Alwi yang telah malang melintang dalam kegiatan sosial di Ibu Kota Negara, kemudian Irjen Pol (Purn) Eko Indra Heri saat ini sebagai pengawas internal SKK Migas dan  Nur Kholis selaku penasehat ahli Kapolri,” tutupnya. (*/ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: