Tradisi Perantau Desa Penyandingan-Seriguna OKI, Ziarah Makam di Lebaran Idulfitri Kedua

Tradisi Perantau Desa Penyandingan-Seriguna OKI, Ziarah Makam di Lebaran Idulfitri Kedua

Perantau Desa Penyadingan-Seriguna ziarah makam, di Pemakaman Umum Desa Seriguna, Kecamatan Teluk Gelam OKI, Minggu 23 April 2023.-Niskiah-

Tradisi Perantau Desa Penyandingan-Seriguna OKI, Ziarah Makam di Lebaran Idulfitri Kedua

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Perantau yang berasal dari Desa Penyandingan-Seriguna, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memadati pemakaman umum melakukan ziarah makam.

Ziarah makam di pemakaman umum yang berada di Desa Seriguna ini, dilakukan perantau pada Lebaran Idulfitri kedua, Minggu 23 April 2023.

"Sudah menjadi tradisi bagi warga Desa kami yakni Penyandingan Seriguna khususnya perantau untuk ziarah di Lebaran kedua," ungkap Era Yulita, yang berasal dari Tangerang.

Dia menjelaskan, dirinya bersama keluarga setiap tahun pulang kampung ke Desa Seriguna untuk mengunjungi orang tua. Serta ziarah makam ke orang tua yakni bapak dan kakek, kakak dan keluarga lainnya.

BACA JUGA:Warga Muhammadiyah Kampung Pancasila OKI Salat Ied di Halaman Ponpes Al Manar

Era menceritakan di pemakaman umum ini setiap tahun nya ribuan orang yang datang untuk ziarah makam. Kuburan disini berasal dari kedua Desa.

Sehingga anak cucunya ziarah makam. Berbeda dengan tradisi seperti di Kota Palembang untuk ziarah makam memasuki bulan puasa.

Tetapi bagi keturunan Desa Penyandingan-Seriguna terutama perantau melakukan ziarah makam di hari Lebaran Idulfitri kedua ini.

"Di pemakaman ini yang ziarah makam semua perantau ada mulai dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Purwakarta, Kalimantan, Jawa, Palembang dan lainnya," ungkapnya.

BACA JUGA:Bupati OKI Lebaran di Kampung Halaman

Untuk ziarah makam sendiri, sambungnya, sejak pagi telah dipadati oleh warga Desa dan perantau.

Dimana untuk kendaraan baik mobil dan sepeda motor di parkirkan di lapangan sepakbola masuk pemakaman umum. Lalu untuk menuju makam dengan berjalan kaki.

Dikatakan Era, selain itu makam makam sebelumnya telah dibersihkan oleh pengurus Desa, sehingga tidak terlalu sulit lagi untuk membersihkan rumput di makam.

"Cukup terbantu oleh pengurus Desa membentuk panitia untuk membersihkan rumput di makam. Kita sebagai ucapan terima kasih memberikan sumbangan secara sukarela  untuk panitia," jelasnya.

BACA JUGA:Warga Muhammadiyah Kampung Pancasila OKI Salat Ied di Halaman Ponpes Al Manar

Dia menambahkan kalau untuk Lebaran Idulfitri ketiga atau besok yang melakukan ziarah makam sudah sepi. Di Lebaran Idulfitri kedua inilah semua keluarga biasanya bertemu dan bersilaturahmi dan saling bermaaf maafan," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: