Kali Pertama Rumah Sakit di Manado Ini Berhasil Operasi Pencangkokan Ginjal, Pasiennya Kini?

Kali Pertama Rumah Sakit di Manado Ini Berhasil Operasi Pencangkokan Ginjal, Pasiennya Kini?

Ilustrasi anatomi ginjal pada tabuh manusia--

Dan akhirnya pada pendampingan keenam, RSUP Kandou telah secara mandiri melakukan transplantasi ginjal pertamanya pada 18 Maret 2023. 

Pencapaian ini merupakan akselerasi program prioritas transformasi layanan rujukan yang saat ini sedang diupayakan oleh Kementerian Kesehatan.

''Alhamdulillah kita bisa melakukannya. Kesuksesan jajaran RSUP Kandou yang didukung RSUP Cipto Mangunkusumo yang melakukan pendampingan,'' ujarnya.

BACA JUGA:Siloam Hospitals Lakukan Transplantasi Ginjal ke 200

Ke depan pihaknya berharap layanan ini bisa diteruskan dan nantinya bisa menjadi layanan unggulan di RSUP Kandou Manado.

Di tempat terpisah, mewakili Menteri Kesehatan RI, Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Sunarto mengatakan program pengampuan layanan uro-nefro merupakan satu dari tiga hal yang harus dicapai oleh seluruh rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan.

Pengampuan layanan uro-nefro, lanjutnya, sangat penting karena penderita penyakit ginjal di Indonesia terus meningkat. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga tahun 2022, jumlah penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 6 juta orang. 

100 ribu diantaranya melakukan hemodialisis atau cuci darah dan 2.350 orang secara kontinyu menjalani CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis).

'' Transplantasi ginjal bisa dilakukan oleh rumah sakit yang sudah mencapai tingkat paripurna,'' kata Plt. Sesditjen Yankes, Sunarto.(ril/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: