Doa dan Adab Ziarah Kubur, Berikut Manfaatnya Bagi Peziarah dan yang Diziarahi

Doa dan Adab Ziarah Kubur, Berikut Manfaatnya Bagi Peziarah dan yang Diziarahi

Peziarah berkumpul di pemakaman Gubah Duku Al Habib Achmad bin Syech Syahab, Jumat 10 Maret 2023. foto: edy handoko sumeks.co--

BACA JUGA:Hukum dan Tata Cara Pelaksaan Sholat Jumat

Dan ketika berdoa, hendaknya tidak menghadap kubur karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang shalat menghadap kuburan. Sedangkan doa adalah intisari sholat.

8. Tidak mengucapkan al hujr

Al hujr adalah ucapan yang bathil. Syaikh Al Albani rahimahullah mengatakan : “Tidaklah samar lagi bahwa apa yang orang-orang awam lakukan ketika berziarah semisal berdoa pada mayit, istighotsah kepadanya, dan meminta sesuatu kepada Allah dengan perantaranya, adalah termasuk al hujr yang paling berat dan ucapan bathil yang paling besar. Maka wajib bagi para ulama untuk menjelaskan kepada mereka tentang hukum Allah dalam hal itu. Dan memahamkan mereka tentang ziarah yang disyariatkan dan tujuan syari dari ziarah tersebut”.

9. Diperbolehkan menangis tetapi tidak boleh meratapi mayit. 

Menangis yang wajar diperbolehkan sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wa sallam menangis ketika menziarahi kubur ibu beliau sehingga membuat orang-orang disekitar beliau ikut menangis. 

BACA JUGA:Masuk Empat Bulan Mulia dalam Tahun Hijriah, Berikut Keutamaan Bulan Rajab

Tetapi jika sampai tingkat meratapi mayit, menangis dengan histeris, menampar pipi, merobek kerah, maka hal ini diharamkan.

Manfaat Ziarah Kubur

Dikutip dari konsultasisyariah.com, Ustad Ami Nurbait, menjelaskan ada dua tujuan utama dalam ziarah kubur. 

Pertama, yaitu manfaatnya kembali kepada orang yang berziarah. Bentuknya adalah mengingatkan orang yang berziarah akan kematian dan kehidupan dunia yang fana. 

Hal ini selalu ditekankan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seperti dalam hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

BACA JUGA:Qori Asal Sumatera Selatan Wakili Indonesia Pada MTQ Internasional 2023 di Thailand

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمِ الْآخِرَةَ

“Dulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur mengingatkan kalian akan akhirat.” (HR. Ahmad 1236 dan dishahihkan oleh Syuaib al-Arnauth).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: