ASN Makin Cakap Digital - Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Lingkungan ASN Provinsi Kalimantan Timur

ASN Makin Cakap Digital - Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Lingkungan ASN Provinsi Kalimantan Timur

--

BACA JUGA:Bencana Alam di Merapi Selatan Lahat, Sawah dan Kebun Rusak, Hewan Ternak Ikut Mati

Hari pertama kegiatan literasi digital untuk ASN di Provinsi Kalimantan Timur terdiri dua batch yang diisi oleh beberapa narasumber nasional yang kredibel.

Topik-topik yang diangkat dalam setiap batch mencakup empat pilar literasi digital, yaitu Budaya Digital, Etika Digital, Kecakapan Digital, dan Keamanan Digital.

Kepala Laboratorium Psikologi Universitas Bina Nusantara (BINUS), Dr. Cornelia Istiani, M.Psi.T, dalam paparannya mengenai budaya digital menyampaikan bahwa perlu adanya penguatan integritas level individu ASN.

Integritas merupakan sarana individu mengekspresikan eksistensi dirinya yang bersifat substansi sebagai aparatur pemerintah.

BACA JUGA:Kewajiban Pemerintah Memberikan Perlindungan anak

“Karna salah satu unsur penting dari transformasi digital itu manusianya bukan teknologinya,” jelasnya.

Topik selanjutnya mengenai Etika Digital diisi oleh Direktur Pelatihan Indonesian Center of Ethics (Pusat Etika Indonesia), Dr. Johannes Haryatmoko, SJ.

Dalam paparannya Haryatmoko menjelaskan bahwa etika digital dibutuhkan oleh ASN untuk menyeimbangkan antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawabnya.

“Bagaimana etika komunikasi ini membantu kita untuk bersungguh-sungguh menggunakan media digital agar mempunyai makna bagi ASN dalam meningkatkan pelayanan publik yang konkret,” jelasnya.

BACA JUGA:Ini Agenda dan Hasil Babak 16 Besar Liga Champions 2023

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur, H. Muhammad Faisal, S.Sos., MSi., Kepala BPSDM Kalimantan Timur, Nina Dewi, dan Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kemenkominfo, Niki Maradona.

Adapun Narasumber lainnya adalah Kepala Laboratorium E-Government Universitas Indonesia, Prof. Ir. Dana Indra Sensuse, M.LIS., Ph.D (Kecakapan Digital) dan anggota dewan pengawas Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI), Hari S. Noegroho, S.E (Keamanan Digital).

Literasi digital sektor pemerintahan di lingkungan ASN Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan salah satu upaya literasi digital untuk sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: