Tol Palembang-Prabumulih Bakal Segera Beroperasi, Ditarget Peresmian Maret 2023

Tol Palembang-Prabumulih Bakal Segera Beroperasi, Ditarget Peresmian Maret 2023

Ruas Jalan Tol Palembang - Prabumulih.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Proyek pembangunan Jalan Tol Palembang-Prabumulih, hampir selesai. Pengerjaan proyek oleh Hutama Karya ini berlangsung tanpa kendala. Tol yang termasuk dalam ruas Trans Sumatera ini dalam waktu dekat akan segera beroperasi.

Jalan Tol tersebut ditargetkan akan diresmikan pakan Maret 2023 mendatang. Peresmian tol ini direncanakan akan berbarengan dengan peresmian flyover Patih Galuh Kota Prabumulih.

Sebagaimana diungkapkan Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya, flyover Patih Galuh sebelumnya sudah dilakukan soft launching. Berupa fungsionalisasi flyover oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Pemerintah Kota Prabumulih merencanakan peresmian flyover dan tol tersebut dilaksanakan serentak oleh Presiden RI, Joko Widodo. Untuk saat ini mereka sudah mengajukan ke Sekretariat Presiden.

"Permohonannya sudah kita ajukan mudah-mudahan Pak Presiden Berkenan. Saat itu fungsionalisasi oleh Pak Gubernur. Belum semua jenis kendaraan yang boleh melintas. Masih sebatas kendaraan dengan tonase rendah saja. Untuk kendaraan bertonase tinggi tetap lewat jalan lingkar," jelas Ridho Yahya.

BACA JUGA:Terbaru, Daftar Lokasi SPBU di Jalan Tol dan Lintas di Wilayah Sumatera Selatan dan Lampung

Sementara itu Site Operation Manager STA 37 PT Hutama Karya kontraktor Jalan Tol Prabumulih-Indralaya, Ismail mengatakan, proyek tol Prabumulih-Indralaya saat ini memasuki tahap finishing. keseluruhan pengerjaan jalan tol Indralaya-Prabumulih Sumatera Selatan sudah mencapai 80 persen lebih. Diperkirakan bulan Maret 2023 mendatang, tol tersebut sudah dapat dilalui.

"Saat ini proses pengerjaan fisik sudah hampir rampung dan tinggal finishing saja. Sesuai kontrak dan target pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih selesai pada Maret 2023 dan Lebaran Idul Fitri sudah bisa dilintasi kendaraan. Mudah-mudahan bisa tepat waktu," kata Ismail.

Ismail menambahkan, di ruas tol STA 37 nantinya akan dilengkapi dengan rest area dengan fasilitas masjid, tenant penjualan makanan, pujasera, dan fasilitas lain seperti SPBU.

BACA JUGA:Tol Palembang-Bengkulu Ditunda, ini Kekurangan Dananya...

"Untuk SPBU mungkin bertahap, kita menyediakan tempat untuk pembangunan SPBU tergantung pihak ketiga nantinya," jelas Ismail.

Kehadiran Tol Prabumulih-Indralaya terhubung tol Palembang-Indralaya ini cukup memangkas waktu tempuh. Jika sebelumnya jarak tempuh Prabumulih-Palembang atau sebaliknya membutuhkan waktu sekitar 3 Jam, maka nantinya hanya memakan waktu 1 jam saja. 

Lanjutan Tol Muara Enim

Sementara itu Pj Bupati Muara Enim Kurniawan berharap pembangunan tol Prabumulih-Muara Enim terus berlanjut. Menurut Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan, pembangunan tol Prabumulih-Muara Enim akan dilanjutkan dan kini masih proses pembebasan lahan. Pembebasan lahan masyarakat tersebut baru mencapai 8 sampai 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: