Masih Ada Tanah Merah, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Bakal Dilakukan Contraflow

Masih Ada Tanah Merah, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Bakal Dilakukan Contraflow

Inilah kondisi Tol Simpang Indralaya-Prabumulih di STA 48 masih bertanah merah, Minggu, 2 April 2023.-Foto : Dokumen Sumeks.co -

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Meskipun sudah dipastikan bisa dilalui pada 15 April hingga 30 April 2023 mendatang, pengendara diimbau untuk berhati-hati ketika melintasi Tol Simpang Indralaya-Prabumulih nantinya.

Pasalnya, dari STA 48 sampai dengan STA 55 akan diberlakukan contraflow atau satu jalur. Mengingat, jalur sepanjang 7 kilometer tersebut masih terdapat tanah merah. Sehingga, pihak PT Hutama Karya (Persero) hanya membuka satu jalur.

"Hanya pada sisi L (ambon) kita berlakukan contraflow. Jadi, pada sisi ini pengguna jalan dipastikan akan berlintasan di satu jalur," terang EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo, Minggu, 2 April 2023.

Tjahjo menyebut, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini memiliki panjang 65 kilometer dengan waktu tempuh memakan waktu hanya 35 hingga 40 menit saja. Waktu tempuh ini tentu memangkas waktu 2 jam lebih.

BACA JUGA:Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Dibangun Lewat Metode Canggih, Proyek Konstruksi Terpantau Secara Real Time

"Waktu tempuh hanya 35 hingga 40 menit dengan kecepatan maksimal kendaraan 100 kilometer per jam," katanya.

Sebagaimana diketahui, progres konstruksi jalan tol ruas Simpang Indralaya-Prabumulih saat ini sudah mencapai 95 persen. PT Hutama Karya akan terus berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol ruas Simpang Indralaya-Prabumulih agar dapat segera dapat dinikmati masyarakat.

"Namun kondisi cuaca saat ini menjadi  tantangan yang cukup mempengaruhi dalam pekerjaan tanah, khususnya area preloading di STA 48 sampai dengan STA 55," katanya lagi.

Rencananya, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini akan memiliki dua rest area yang berlokasi di sisi kiri dan sisi kanan Kilometer 56. Dua rest area ini bertipe A. Dimana, akan terdapat sejumlah fasilitas untuk melayani pengguna jalan.

BACA JUGA:Seminggu Sebelum Lebaran, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Sudah Bisa Dilalui, Dilengkapi 2 Rest Area Tipe A

"Untuk mengoptimalkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, rest area akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti ATM Center, toilet, dan SPBU," paparnya.

Selain itu, fasilitas lainnya yang akan disediakan yakni klinik kesehatan, bengkel, minimarket, musalah, kios, tempat parkir, dan restoran. Untuk memberikan kesan sejuk, PT Hutama Karya juga akan menyediakan Ruang Terbuka Hijau di lokasi rest area.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: