Catat, Tol Indralaya-Prabumulih Difungsikan Bulan Maret

Catat, Tol Indralaya-Prabumulih Difungsikan Bulan Maret

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih akan difungsikan pada Maret ini. Saat ini, progres pengerjaan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 94.956 persen per 5 Maret 2023. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, untuk saat ini PT Hutama Karya (Persero) tengah melakukan sejumlah pekerjaan di lapangan, meliputi pekerjaan tanah.

"Seperti penimbunan pada lokasi preloading, pekerjaan agregat, pengaspalan, dan pekerjaan drainase," kata Tjahjo Purnomo, Rabu 8 Maret 2023.

Untuk pembangunan jalur dari Tol Palembang-Indralaya yang menyambungkan ke Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, Tjahjo menyebut, telah mencapai 95 persen. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Palembang - Pangkalan Balai, 6 Juli 2023

"Untuk jalur ini akan dibuka setelah main road dari titik nol sampai dengan pintu gerbang bisa difungsionalkan," lanjutnya.

Menurut Tjahjo, kondisi cuaca sangat mempengaruhi pekerjaan. Kalau cuaca hujan, kondisi tanah menjadi basah, utamanya ketika dilakukan pemadatan. Namun PT Hutama Karya memastikan agar pekerjaan selesai tepat waktu.

"Kami telah menyiapkan sejumlah fleet atau alat pemadatan di setiap lokasi yang memiliki pekerjaan timbunan. Jika kondisi cuaca bagus, pekerjaan bisa dikerjakan secara serentak," paparnya.

Ditambahkan Tjahjo, apabila pada bulan Maret 2023 ini tidak ada kendala dan bisa diselesaikan, maka Tol Simpang Indralaya-Prabumulih sudah dapat beroperasi secara fungsional saat mudik Lebaran mendatang.

"Apabila diberlakukan secara fungsional, ruas tol belum berbayar," katanya lagi.

BACA JUGA:Ongkos Travel Tidak Naik, Sopir Bakal Tawarkan Penumpang Patungan Jika Mau Masuk Jalan Tol Berbayar

Untuk diketahui, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini memiliki panjang 65 kilometer. Pada tol ini akan memiliki dua rest area tipe A pada sisi kanan dan sisi kiri main road di Km 56.

"Rest area ini nantinya dapat digunakan sebagai tempat istirahat untuk pengguna jalan tol," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: