Mulai dari Pantai hingga Gunung, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Mulai dari Pantai hingga Gunung, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong.-Foto: visitbengkulu/sumeks.co-

Jika anda ingin mendaki dengan santai tanpa harus menguras tenaga untuk mencapainya, Bukit Kaba bisa menjadi alternatifnya. Gunung Kaba atau lebih dikenal dengan Bukit Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Untuk sekadar menikmati pemandangan pegunungan dan ber-selfie, kaki Bukit Kaba sangat tepat untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. 

Tak begitu jauh atau persis di jalan lintasnya Desa Sumber Urip, terdapat Danau Mas Harun Bastari. Untuk sekadar nongkrong, ngopi dan berfoto, cukup memarkirkan mobil di lahan parkir yang disediakan. 

Air Terjun Tri Sakti


Air Terjun Tri Sakti.-Foto: visitbengkulu/sumeks.co-

Objek Wisata satu ini sedang hits. Desa Belitar Seberang yang menjadi pemilik wisata ini sudah dinobatkan sebagai Desa Wisata dari Meneterian Pariwisata RI.

Air Terjun Tri Sakti terletak di Desa Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dan tercatat sebagai air terjun tertinggi di Bengkulu.

Sudah bisa dibayangkan untuk mendapatkan spot selfie berlatar air terjun ini butuh perjuangan. Kita harus siap fisik untuk turun ke dasar atau bawah air terjun. Turunnya tidak seberapa, tapi naiknya bisa mengeluarkan keringat sebesar biji jagung meski pun cuacanya dingin banget, hihi.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki keunikan berupa dua jenis mata air jatuh dari bebatuannya, yakni air dingin dan air hangat. Air Terjun Tri Sakti semakin ramai dengan wisatawan sejak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) resmi membuka dan mengelolanya pada awal 2021.

Pihak pengelola obyek wisata Air Terjun Tri Sakti ini tengah menyiapkan paket wisata yang menarik. Paket wisata mulai Rp150.000 per orang sudah mendapat fasilitas antar jemput dari desa menuju lokasi air terjun, jamuan minum kopi di rumah inovasi, makan siang dan eko wisata ke rumah pengelolaan nira.

Sekarang bahkan pengelola sudah menyiapkan fasilitas glamping bagi anda yang ingin camping atau berkemah di lokasi air terjun ini.

Dari Kota Bengkulu, waktu tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 4 jam. Termasuk jarak tempuh dari desa ke lokasi wisata sekitar 2 kilometer dengan jalur yang masih tanah dan bebatuan serta tebing terjal. Sehingga Antar jemput ini menggunakan sepeda motor yang sudah mengalami modifikasi.

Selain itu, kita juga bisa menikmati permainan canyoning, yakni turun dari atas air terjun hingga ke dasar. Permainan ini menggunakan peralatan panjat tebing dengan ketinggian 84 meter. Para pengunjung ini akan dipandu tenaga ahli sehingga bisa menuruni air terjun.

Pengunjung juga bisa melihat aktivitas pengolahan air nira hingga menjadi gula aren. Mereka ini akan melihat proses penyadapan hingga memasaknya. Pengunjung ini bisa menikmati langsung air nira yang disadap dari batangnya.

Gimana SUMEKS.CO Lovers, mau pilih destinasi yang mana? Itu tadi beberapa referensi destinasi wisata di Provinsi Bengkulu yang bisa masuk dalam jadwal berlibur anda bersama keluarga maupun kerabat. Tentunya masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu yang juga khas dengan kuliner tradisionalnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: