Manfaatkan Lahan Kosong, Babinsa Bersama Warga Tanam Sayur Tambah Pendapatan

Manfaatkan Lahan Kosong, Babinsa Bersama Warga Tanam Sayur Tambah Pendapatan

Warga Dusun 2 Desa Sindang Sari Lempuing OKI bersama babinsa melakukan penanaman bibit sayuran, Minggu 16 Oktober 2022.-Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lahan kosong yang berada di Dusun 2 Desa Sindang Sari Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dimanfaatkan dengan ditanami sayuran oleh Babinsa Koramil 402-10/Kayuagung bersama warga. 

"Untuk penanaman sayuran hari ini tidak begitu luas, tetapi memanfaatkan lahan kosong agar berguna yakni bisa menambah pendapatan ekonomi warga," ujar Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol Inf Hendra Saputra SSos MM MIPol melalui Babinsa Koramil Kayuagung, Sertu Sukirman, Minggu 16 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, kegiatan pemanfaatan lahan kosong dengan penanaman sayuran ini tergabung dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun ini. Dengan tujuan menjaga ketahanan pangan dan terpenting dapat menambah pendapatan warga setempat. 

Sukirman mengungkapkan, warga Desa Sindang Sari sendiri rata-rata sebagai petani sawah padi dan sayuran termasuk petani karet. Tetapi di desa tersebut juga terkenal sebagai sentra sayuran.

BACA JUGA:Anggota TNI Kodim 04/02/OKI Bedah Dua Rumah Warga Cahaya Bumi Lempuing

Dimana hasil panen sayuran dijual ke pasar Tugu Mulyo oleh warga, terkadang sudah ada pedagang yang datang langsung membeli sayuran ke desa, sehingga warga tidak perlu lagi untuk ke pasar. 

"Untuk luasan sayuran yang ditanam hari ini yaitu 1/2 hektar saja, dengan ditanami sayuran jenis bayam dan kangkung. Untuk panennya memerlukan waktu 20 hari saja," terangnya. 

Selain itu di luasan hamparan tanaman sayuran itu, kata Sukirman, juga terhampar luas tanaman jagung yang bakal panen pada awal November nanti. Jadi benar-benar lahan kosong dimanfaatkan sehingga tidak ada yang tidak tertanam. 

Lanjutnya, warga Desa Sindang Sari ini sendiri sangat membutuhkan sarana prasarana alat pertanian untuk mendukungnya. Diantaranya alat pemanen jagung, diesel untuk pemompa air dan alat-alat pertanian. 

BACA JUGA:Bersihkan Sarana Ibadah dan Aliran Sungai Sambut HUT TNI ke- 77

"Kegiatan yang dilakukan ini bersama warga adalah salah satu wujud TNI dalam memperkuat ketahanan pangan, dan ini akan terus dilakukan di wilayah binaannya," tegasnya.

Sementara itu, salah satu petani sayuran, Rohani (58) mengatakan, sangat senang dan berterima kasih adanya pendampingan dari babinsa dalam menanam sayuran. Yakni dibantu menanam sayuran mulai dari pembersihan lahan. 

"Kami sangat senang, yakni kami diperhatikan termasuk keluh kesah yang menjadi kendala dalam bertani bisa disampaikan," tukasnya.

BACA JUGA:Dan Rindam II Sriwijaya Buka Pendidikan Kejuruan Tamtama Infantri TNI AD 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: