Budi Gunawan Dicopot dari BIN, Penggantinya?

Budi Gunawan Dicopot dari BIN, Penggantinya?

Budi Gunawan dicopot dari BIN, penggantinya. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Presiden Jokowi sebelumnya menunjuk Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN yang baru menggantikan Budi Gunawan.

Dimana untuk penunjukan Herindra oleh Jokowi itu tertuang dalam surat presiden (Surpres) Nomor R51 tanggal 10 Oktober perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN.

Untuk diketahui, saat ini Herindra menjadi sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Ia menduduki jabatan tersebut sejak dilantik Jokowi pada 23 Desember 2020 lalu. 

BACA JUGA:Veronica Tan Bakal Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Siap Bantu Permasalahan Ibu-Ibu dan Anak-Anak

BACA JUGA:13 Menteri Jokowi akan Masuk Kabinet Prabowo, 35 Tokoh Indonesia Sudah Menghadap ke Kertanegara, Siapa Saja?

Kemudian, DPR pun tengah menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test bagi Herindra sebagai calon Kepala BIN pada siang ini.

Tiga wakil Ketua DPR yakni Sufmi Dasco Ahmad, Saan Mustopa, dan Cucun Syamsurija terlihat menyambut dan mendampingi Herindra hingga ke ruang tempat uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kepala BIN di DPR RI itu.

Sementara itu Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, mengatakan pencalonan Herindra dilakukan lebih awal berkaitan dengan transisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut ingin melantik Herindra sebagai Kepala BIN bersamaan dengan pelantikan para menteri kabinet yang anyar.

BACA JUGA:Partai NasDem Sadar Diri, Tak Ingin Masuk Kabinet Prabowo-Gibran Meski Sudah Nyatakan Dukungan

BACA JUGA:Mendadak Sambet Gelar Doktor, Raffi Ahmad Dikabarkan Akan Masuk Kabinet Prabowo Subianto?

Untuk diketahui Muhammad Herindra lahir di Magelang, 30 November 1964. Herindra memiliki karier cemerlang di TNI. 

Dimana profil dimulai ketika ia meraih gelar Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama alias lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) pada 1987.

Herindra menghabiskan masa kecil di kota kelahiran, Magelang. Setidaknya hingga lulus SMPN 1 Magelang tahun 1980. Ia sempat hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di SMA 8 Jakarta. Kemudian balik lagi ke Magelang untuk menempuh pendidikan Akmil.

Selepas lulus Akmil, rekam jejak Herindra berlanjut dengan menjadi bagian Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (AD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: