Optimalkan Perencanaan Anggaran, Kemenkumham Babel Gelar Supervisi RKA-K/L untuk Tahun 2025

Optimalkan Perencanaan Anggaran, Kemenkumham Babel Gelar Supervisi RKA-K/L untuk Tahun 2025

Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, membuka kegiatan Supervisi RKA-K/L Tahun Anggaran 2025, menekankan pentingnya efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam perencanaan anggaran di seluruh satuan kerja.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil Kemenkumham Babel) mengadakan acara penting yang bertujuan untuk memperkuat perencanaan anggaran dan evaluasi kinerja instansi di wilayahnya.

Kegiatan Supervisi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Pagu Anggaran Satuan Kerja Tahun Anggaran 2025 dilaksanakan pada Rabu, 21 Agustus 2024, di Balai Pengayoman Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Pangkalpinang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran yang berkualitas.

Harun menegaskan bahwa penyusunan RKA-K/L harus berdasarkan prinsip-prinsip belanja berkualitas, yang meliputi efisiensi, efektivitas, prioritas, transparansi, dan akuntabilitas.

BACA JUGA:Tanah Sebagai Pilar Pembangunan: Menteri AHY Tegaskan Pentingnya Kejelasan Tata Ruang dan Kepastian Hukum

BACA JUGA:Turun Harga! Redmi Note 10 Pro, Pilihan Cerdas Untuk Ponsel dengan Kombinasi Layar dan Kamera Ciamik

"Proses penyusunan anggaran harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, dan berkelanjutan. Setiap satuan kerja di Kanwil Kemenkumham Babel harus memastikan bahwa anggaran yang disusun benar-benar mencerminkan kebutuhan riil dan prioritas utama, serta mampu memberikan dampak maksimal bagi pelayanan publik," ungkap Harun Sulianto dalam pidato pembukaannya.

Harun juga menyoroti bahwa kegiatan supervisi ini merupakan langkah strategis dalam penyusunan arah kebijakan dan prioritas pembangunan.

Supervisi ini mencakup reviu baseline, penyusunan alokasi anggaran untuk tahun yang direncanakan, dan/atau penyesuaian anggaran untuk tahun berjalan.

Lebih lanjut, Harun menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dilakukan sebagai penguatan atas keikutsertaan para pihak dalam pelaksanaan evaluasi kinerja, sinergi evaluasi anggaran, serta pembangunan dan akuntabilitas kinerja instansi.

BACA JUGA:14 Hari Operasi Sikat II Musi 2024, Polres Musi Rawas 'Panen' 33 Orang Tersangka

BACA JUGA:Perkuat Infrastruktur IKN, PUPR Genjot Kompetensi SDM Konstruksi dengan Sertifikasi Onsite

Menurut Harun, evaluasi kinerja di masa mendatang akan dilakukan dengan memperbaiki proses bisnis dan tindak lanjut, penguatan fungsi monitoring dan evaluasi (monev) serta sinergi pelaksanaan, dan perbaikan metodologi monitoring dan evaluasi yang adaptif terhadap perubahan kebijakan.

"Harapan kami, kegiatan ini akan mampu meningkatkan kualitas perencanaan dan kinerja pelaksanaan anggaran di Kanwil Kemenkumham Babel, sehingga memberikan hasil yang lebih optimal bagi masyarakat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: