Tanah Sebagai Pilar Pembangunan: Menteri AHY Tegaskan Pentingnya Kejelasan Tata Ruang dan Kepastian Hukum

Tanah Sebagai Pilar Pembangunan: Menteri AHY Tegaskan Pentingnya Kejelasan Tata Ruang dan Kepastian Hukum

Tanah sebagai fondasi pembangunan: Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menekankan pentingnya kepastian hukum dan penataan ruang yang jelas dalam mendukung pembangunan merata di Indonesia.--

AHY juga menekankan bahwa tidak semua lahan boleh dikonversi menjadi bangunan beton. Penataan ruang yang bijaksana harus memastikan adanya keseimbangan antara kebutuhan pembangunan dan keberlanjutan lingkungan.

“Mana zonasi buat industri, mana buat perkebunan, mana buat hunian, mana buat sawah. Tidak boleh semuanya dikonversi menjadi bangunan beton,” jelas AHY.

BACA JUGA:Tertipu Rp200 Juta, Dokter Skincare Kecantikan di Palembang Laporkan Teman SMP ke Polisi

BACA JUGA:Duel Seru dan Taruhan Nasib di Papan Atas dan Bawah, Pekan Ketiga Liga 1 2024

Selain itu, dalam upaya mendukung pembangunan yang merata, ATR/BPN juga memastikan bahwa tidak ada tanah yang terlantar.

Pemanfaatan tanah oleh masyarakat harus optimal sehingga setiap lahan dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Tanah harus dianggap sebagai aset yang tidak hanya dimiliki, tetapi juga harus berfungsi dengan baik dalam mendukung pembangunan.

"Tanah kita sebagai aset juga harus bekerja, artinya harus berfungsi dengan baik," tambahnya.

BACA JUGA:Samsung Galaxy S6 Dibekali Fitur Lengkap dan Performa Tangguh, The Real Kecil-Kecil Cabe Rawit!

BACA JUGA:Infinix Zero X Pro Tawarkan Kamera Memukau dengan Resolusi 108 MP Setajam DSLR

Salah satu langkah strategis yang diambil oleh ATR/BPN untuk memastikan hal ini adalah melalui program sertipikasi tanah.

Kepastian hukum atas hak tanah menjadi kunci dalam menghindari potensi konflik pertanahan yang sering kali dipicu oleh tindakan ilegal, seperti penyerobotan tanah oleh mafia tanah.

AHY menegaskan bahwa tidak boleh ada masyarakat yang diperlakukan secara tidak adil dalam masalah pertanahan, dan pemerintah berkomitmen untuk menindak tegas segala bentuk penyimpangan.

“Tidak boleh ada masyarakat yang diperlakukan tidak adil. Misalnya ada tanah-tanah yang diserobot oleh mafia tanah. Ini semua harus kita tertibkan dan kita harus bertindak dengan tegas," tegasnya.

BACA JUGA:Cek Kelebihan Vivo V21e yang Hadirkan Desain Bezeless dan Ringan, Tawarkan Performa Gaming Anti Lag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: