Pemprov Sumsel Bekerja Sama dengan Pertamina akan Membuat Taman Keanekaragaman Hayati di JSC

Pemprov Sumsel Bekerja Sama dengan Pertamina akan Membuat Taman Keanekaragaman Hayati di JSC

Pj Gubernur Sumsel mengkonfirmasi untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi masyarakat --

SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi masyarakat dengan bekerja sama PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju membangun Taman Keanekaragaman Hayati yang berlokasi di Jakabaring Sport Center, Palembang.

“Di situ masih tersedia lahan yang cukup dan memang kondisinya kemungkinkan. Di situ kan ada rawa, ada daratan ya dan itu cukup dibutuhkan untuk memanfaatkan keanekaragaman hayati,” kata Agus Fatoni di Griya Agung, Palembang, Senin 1 April 2024.

Nantinya akan ada lahan seluas lima ha yang digunakan untuk pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati dengan rincian area hijau seluas 87 persen, area rendaman 3 persen dan 10 persen sisanya akan ada pembangunan infrastruktur.


Penandatanganan MoU antara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dengan GM PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju Yulianto Triwibowo terkait kerjasama pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati di Jakabaring Sport Center Palembang--

“Maka dari PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju  tadi itu memberikan CSR untuk bisa membudidayakan, melestarikan, melindungi sekaligus untuk tempat wisata,” kata Fatoni.

BACA JUGA:Luar Biasa, PT Pusri Palembang Terima Sertifikat Proper dari Pj Gubernur Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Organisasi Mahasiswa Cipayung Plus Dukung 5 Program Prioritas Sumsel

Dirinya juga berharap kedepannya Taman Keanekaragaman Hayati dapat dijadikan destinasi wisata bernuansa alam bagi masyarakat Sumsel.

Nantinya akan ada banyak makhluk hidup, baik itu tumbuhan maupun hewan yang dibudidayakan di lokasi ini.

“Nanti ada banyak hewan dan tumbuhan yang akan dikembangkan di situ, nah nanti bisa jadi tempat pelestarian alam,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dengan GM PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju Yulianto Triwibowo terkait kerjasama pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati di Jakabaring Sport Center.

BACA JUGA:Salat Tarawih Berjamaah, Pj Gubernur Agus Fatoni Ingatkan Masyarakat Jaga Iklim Kondusif di Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Sertifikat Proper Bagi BUMN dan Perusahaan Swasta Peduli Lingkungan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel Edward Chandra menyebut akan ada banyak tanaman yang ditanam di Taman Keanekaragaman Hayati. Di antaranya tumbuhan meranti, tembesu, mesawa dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: