Surah Al-Insan Selalu Dibaca Nabi Muhammad SAW Tiap Subuh Jum’at, Ini Keutamaannya

Surah Al-Insan Selalu Dibaca Nabi Muhammad SAW Tiap Subuh Jum’at, Ini Keutamaannya

surat al-insan ialah surat yang menjelaskan tentang hakikat hidup manusia--

“Membaca surah ini memiliki manfaat untuk memperkuat saraf dan menjauhkan diri dari kecemasan.“ Bahrani, al-Burhān, 1416 H.

Dalam hadis lain ditemukan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membacanya (Surah Al-Insan), maka Allah akan membalasnya dengan surga dan segala hal yang diinginkan hati. Barangsiapa yang menulis dan menaruhnya di dalam wadah, lalu meminum airnya, maka bermanfaat untuk (menyembuhkan) buruknya sakit hati dan bermanfaat untuk (kesehatan) tubuh." Tafsirul Burhan.

BACA JUGA:9 Surah Al Quran yang Biasa Dipakai untuk Ruqyah, Setan dan Jin Pasti Hangus Terbakar

BACA JUGA:Amalan Penting! 3 Surah Al Quran yang Bisa Bebaskan Manusia dari Fitnah Dajjal, Ayatnya Mudah Dihafal

Selain keutamaan yang dikandung oleh surah Al-Insan, surah ke-76 juz 29 dalam Al-Quran yang terdiri dari 31 ayat ini juga memiliki pokok kandungan.

QS. Al-Insan menjelaskan tentang proses penciptaan manusia dan petunjuk untuk mencapai kehidupan yang sempurna melalui jalan yang lurus.

Selain itu, surat ini berisi perintah untuk memenuhi nazar, memberi makan anak yatim miskin, dan orang-orang yang ditawan karena Allah SWT.

Surat ini mengajarkan untuk takut kepada hari kiamat dan perintah mendirikan salat, shalat tahajud, dan bersabar dalam menjalankan hukum Allah SWT.

QS. Al-Insan pun menjelaskan tentang pahala bagi orang-orang yang mengikuti petunjuk dan ancaman bagi orang yang mengingkarinya.

Pokok kandungan inilah yang ingin disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat islam setiap shalat subuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: