5 Surah yang Pahalanya Sama Seperti Khatam Al-Qur’an, Yuk Amalkan Mumpung Masih Bulan Syawal

5 Surah yang Pahalanya Sama Seperti Khatam Al-Qur’an, Yuk Amalkan Mumpung Masih Bulan Syawal

5 surah yang pahalanya seperti pahala khatam al-quran--

SUMEKS.CO - Terdapat 5 surat yang pahalanya sama seperti pahala mengkhatamkan Al-Quran dan patut diamalkan pada bulan syawal.

Bulan syawal yang penuh berkah patut diisi dengan kebiasaan baik seperti yang dilakukan ketika ramadan salah satunya dengan membaa Al-Qur’an.

1. Al-Fatihah 3x

BACA JUGA:4 Keutamaan yang Terkandung dalam Surah Al-Ma’un, Nomor 3 Selamatkan Azab Kubur dan Siksa Neraka

BACA JUGA:Amalan Khusus di Hari Jum’at Untuk Menghapus Dosa 80 Tahun, Bukan Cuma Baca Surah Al-Kahfi

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad ibnu Muhammad ibnu Hanbal, Rasulullah SAW bersabda kepada Abu Sa’id ibnul Mua’la ra, "Alhamdulillahi rabbil ‘alamin adalah sab’ul masani, dan Al-Qur’anul ‘azim yang diberikan kepadaku".

Hadits ini menunjukkan bahwa surah Al-Fatihah memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Al-Qur'an.

Dari Ibnu Abbas , ia berkata, "Ketika Jibril sedang duduk bersama Nabi, ia mendengar suara gemuruh dari atas, lalu ia menengadah ke atas sambil berkata, 'Itu adalah pintu langit yang sedang terbuka hari ini. Sebelumnya tidak pernah terbuka sama sekali.' Lalu turunlah malaikat darinya. Jibril berkata, 'Inilah salah satu malaikat turun dari langit. la sama sekali belum pernah turun ke bumi sebelumnya.' Lalu sang malaikat mengucapkan salam, kemudian berkata, 'Bergembiralah wahai Rasulullah dengan dua cahaya yang akan diberikan kepadamu. Keduanya belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelum engkau, yaitu Surah Al Fatihah dan penutup Surah Al-Baqarah. Engkau tidak membaca satu huruf pun dari kedua surah tersebut (lalu engkau meminta kepada Allah) kecuali permintaanmu akan dikabulkan."

2. Al-Ikhlas 3x

BACA JUGA:Hutang Lunas, Bebas Lapar dan Haus dengan Mengamalkan Surah Al-‘Adiyat di Bulan Ramadhan!

BACA JUGA:Keutamaan Surah Adz-Dzariyat yang Mudahkan Urusan Persalinan, Ibu Hamil Wajib Amalkan!

Keseluruhan kandungan Al-Qur'an berisi tiga hal, yaitu tauhid, hukum, dan cerita, sedangkan Al-Ikhlas menjelaskan tentang tauhid.

Beberapa ulama berpendapat bahwa membaca Al-Ikhlas dapat memberikan pahala sebanding dengan membaca sepertiga Al-Qur'an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: