5 Surah yang Pahalanya Sama Seperti Khatam Al-Qur’an, Yuk Amalkan Mumpung Masih Bulan Syawal

5 Surah yang Pahalanya Sama Seperti Khatam Al-Qur’an, Yuk Amalkan Mumpung Masih Bulan Syawal

5 surah yang pahalanya seperti pahala khatam al-quran--

Pendapat ini menekankan bahwa meskipun Al-Ikhlas memiliki keistimewaan, namun membacanya tiga kali tidak sama dengan mengkhatamkan Al-Qur'an.

Rasulullah SAW bersabda tentang surah Qul Huwallahu Ahad (surah Al-Ikhlas), “Demi diriku yang ada pada tangan-Nya, sesungguhnya surah tersebut sama dengan sepertiga Al-Qur’an”.

BACA JUGA:Istimewanya Surah Al-Alaq yang Beri Banyak Khasiat Jika Diamalkan, Salah Satunya Selamatkan dari Gangguan

BACA JUGA:Surah Al-Insan Selalu Dibaca Nabi Muhammad SAW Tiap Subuh Jum’at, Ini Keutamaannya

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, "Barang siapa membacanya sebanyak sepuluh kali, maka Allah membangunkan gedung di surga untuknya." (HR. Tirmidzi)

3. Al-Kafirun 4x

Surat Al-Kafirun memiliki segudang keutamaan untuk para pembacanya, membaca surah ini sehari-hari akan membawa berkah dan pahala melimpah dari Allah SWT.

Menurut Ibnu Umar, "Qul huwallahu ahad menyamai sepertiga Al Quran dan Qul yaa ayuhal kaafiruun menyamai seperempat Al Quran.”, hadits ini juga disebutkan oleh Al-Albani dalam kitab silsilah ahadits sahihah.

BACA JUGA:Istimewanya Surah Maryam yang Perlu Direnungi Oleh Umat Islam, Punya Makna Mendalam dan Banyak Pelajaran!

BACA JUGA:Keutamaan Surah Al-Hajj yang Jarang Diketahui Umat Muslim, Bukan Hanya Amalan Cari Jodoh Saja!

Ada pendapat yang menyatakan bahwa membaca Surat Al-Kafirun sebanyak empat kali maka pahalanya sama seperti khatam Al-Qur'an.

4. Al-Zalzalah 2x

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Surat Al-Zalzalah itu sepadan dengan setengah Al-Qur’an, wal ‘adhiyat itu sepadan setengah Al-Qur’an, Surat Al-Ikhlas itu sepadan sepertiga Al-Qur’an, dan Surat Al-Kafirun sepadan dengan seperempat Al-Qur’an.”

Abdullah bin Amru meriwayatkan bahwa seorang lelaki pernah menemui Rasulullah lalu bertanya, “Bacakan untukku wahai Rasulullah.” Maka Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah tiga surat yang berawal dari alif lam ra.” Kemudian ia membalas, “Umurku sudah tua, hatiku keras dan bicaraku kasar.” Maka laki-laki itu menjawab dengan jawaban yang serupa. Rasulullah kemudian bersabda, “Bacalah tiga Surat Musabbihat (surat yang berawalan sabbaha dan yusabbihu).” Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban yang serupa dengan jawaban (yang pertama). Lalu berkata lagi, “Akan tetapi, bacakan untukku Surat Al-Jum’ah ya Rasulullah.” Maka Rasulullah SAW pun membacakannya (Surat Al-Zalzalah), hingga selesai membaca itu, lelaki itu berkata, “Demi Zat yang telah mengutusmu dengan hak, aku tidak akan menambah atasnya.” Kemudian lelaki itu pulang, lalu Rasulullah bersabda, “Beruntunglah lelaki itu, beruntunglah lelaki itu, begitu pula aku.” (HR Ahmad, II: 169, dan Abu Dawud, I: 221)

BACA JUGA:Amalkan Surah Al-Kafirun yang Sangat Ditakuti Iblis, Baca Setiap Rakaat Pertama Ketika Shalat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: