Optimasi Lahan Rawa di OKI Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Optimasi Lahan Rawa di OKI Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kegiatan Opla Dinas KPTPH OKI dengan Kodim 0402/OKI dan Gapoktan, di Kecamatan Air Sugihan OKI. --

"Adanya Opla ini di beberapa titik Kabupaten OKI, dapat mendongkrak indeks pertanaman pertanian di Kabupaten OKI," ucapnya. 

Lanjut dia, dalam pelaksanaan Optimasi Lahan tidak bisa dilaksanakan hanya dengan mengandalkan satu komponen saja. Tetapi juga berkolaborasi dan saling membantu dan memang sangat diperlukan dari semua stakeholder.

BACA JUGA:Akses Warga Terhambat! Jembatan di Banyuasin Ambruk Sejak Awal Desember, Belum Diperbaiki

BACA JUGA:571 Peserta Ikuti Olimpiade Nasional MIPA Tingkat Unsri

“Yang jelas kegiatan ini sangat mengapresiasi yang dikomandoi Kodim 0402 ini. Ini menjadi perwujudan sinergitas kita dalam meningkatkan hasil produktifitas pertanian di wilayah OKI," tukasnya. 

Sebelumnya, lahan pertanian di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI juga dijadikan sebagai lokasi program Optimasi Lahan (Opla) tahun 2024 ini. 

Pada program Optimasi Lahan itu, khususnya lahan pertanian persawahan. Yakni dengan luasan 270 hektar. Tepatnya di Dusun VI, Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI. 

Program Optimasi Lahan itu, membuat Kodim 0402/OKI bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI. 

BACA JUGA:Sembako Murah! Intip Harga dan Lokasi Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024, Selisih Hingga Rp5 Ribu

BACA JUGA:Pasca Merger, Pelindo Lakukan Penandatanganan Balik Nama Kapal

Adanya program Opla di Kabupaten OKI, maka akan menjadi  motor penggerak bagi pelaksanaan dan peningkatan produktivitas pertanian khusus padi dan tanaman lainnya. 

Jadi melalui program Opla ini dan penambahan luas areal tanam pihaknya optimis dapat meningkatkan hasil produksi yang lebih baik sehingga petani yaitu masyarakat menjadi lebih sejahtera. 

Sementara itu, Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi mengatakan, untuk program Opla ini bertitik fokus pada percepatan pelaksanaan kegiatannya. Dimana Desa Suka Pulih ini memang merupakan desa dengan banyak lahan pertaniannya. Baik itu persawahan maupun pertanian sayur mayur. 

"Kita harus semangat dan bekerjasama untuk menciptakan lahan pertanian yang maksimal, kita buat OKI ini menjadi penghasil pangan nomor 1 di Sumsel," terang Pj Bupati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: