Optimasi Lahan Rawa di OKI Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Optimasi Lahan Rawa di OKI Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kegiatan Opla Dinas KPTPH OKI dengan Kodim 0402/OKI dan Gapoktan, di Kecamatan Air Sugihan OKI. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Program Optimasi Lahan (Opla) di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi potensi lahan rawa.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah tersebut.

Kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI AD dalam mengawal peningkatan produksi komoditas pertanian merupakan langkah strategis dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan.

Dimana Kodim 0402/OKI bekerjasama dengan Dinas pertanian Kabupaten OKI,  melanjutkan program Opla, di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Air Sugihan OKI, Rabu 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Sampaikan Penjelasan LKPJ Tahun Anggaran 2023

BACA JUGA:Dijerat Pasal Berlapis, Dua Kakak Beradik Pelaku Pembunuhan Sadis Adik Bupati Muratara Divonis Mati

Letkol Inf. Irsyad Mahdi Pane, Dandim 0402/OKI, melalui Kasdim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar, menyampaikan bahwa program Optimasi Lahan (Opla) di Desa Bandar Jaya, OKI, akan menjangkau area seluas 126 hektar.

Program Opla ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat di Desa Bandar Jaya.

"Guna mempercepat proses optimasi lahan dengan menggunakan alat berat exscavator. Yaitu babinsa Koramil Air Sugihan dibantu Gapoktan Desa," ujar Kasdim. 

Jadi, pada pelaksanaan Opla ini, bukan hanya Babinsa, tetapi juga dibantu Gapoktan Desa Bandar Jaya beserta masyarakat Desa. Yakni dengan cara bergotong royong sehingga untuk proses pekerjaan dapat terselesaikan dengan segera. 

BACA JUGA:Lagi, Kasat Reskrim Banyuasin Dilaporkan ke Propam Polda Sumsel Lagi, Ini Dia Kasusnya!

BACA JUGA:Maskapai Pastikan Taat Aturan, Tapi Harga Tiket Pesawat Lebaran Selangit

Terpisah, kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (KPTPH) Kabupaten OKI, Ir Sahrul mengatakan, Pemerintah Daerah mengupayakan optimalisasi lahan rawa untuk menjadi lahan produktif. 

Dengan cara Optimasi Lahan ini. Dimana selain di Kecamatan Air Sugihan menjadi Optimasi Lahan juga terdapat di Kecamatan Pedamaran di Desa Sukapulih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: