Cuma Pakai Solar, Royal Enfield Taurus Hanya Butuh Satu Liter Untuk Tempuh 90 KM!

Cuma Pakai Solar, Royal Enfield Taurus Hanya Butuh Satu Liter Untuk Tempuh 90 KM!

Royal Enfield Taurus --

SUMEKS.CO - Biasanya, mesin diesel digunakan pada kendaraan dengan empat roda atau lebih, seperti truk dan sebagian besar mobil.

Motor roda dua tidak selalu menggunakan mesin bensin. Sebagai contohnya Royal Enfield menciptakan model bernama Royal Enfield Taurus yang menggunakan mesin diesel.

Motor ini diluncurkan pada akhir tahun 1980 hingga 2000 dan tersedia di pasar India. Dalam hal desain, Taurus memiliki rangka dan desain yang identik dengan Royal Enfield Bullet 350.

Perbedaannya terletak pada bagian mesin, di mana Bullet 350 menggunakan mesin bensin berkapasitas 346 cc.

BACA JUGA:Baru Meluncur, Royal Enfield Shotgun 650 Memiliki Desain Retro Futuristik dan Fitur Modern!

Sementara, Taurus menggunakan mesin 325 cc yang menggunakan solar sebagai bahan bakar.

Walaupun memiliki kapasitas besar, output mesin Taurus dianggap standar dengan tenaga 6,5 dk dan torsi 25 Nm.

Kecepatan maksimumnya hanya 64 Km/jam. Mesin diesel Taurus ini juga memiliki performa yang kalah jika dibandingkan dengan Bullet 350 yang memiliki kapasitas sedikit lebih besar.

Bullet 350 dengan mesin 346 cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 21 dk dan torsi mencapai 28 Nm, perbedaannya cukup mencolok.

BACA JUGA: Ananda Omesh Lelang Motor Royal Enfield Classic 500 Pegasus, Ini Spesifikasinya

Namun demikian, dalam hal efisiensi, Taurus jelas unggul dibandingkan saudaranya. 

Sementara Bullet 350 hanya bisa menempuh 13,5 Km dengan 1 liter bensin, Taurus dengan mesin dieselnya bisa melaju sejauh 90 Km hanya dengan 1 liter solar. Impresif, bukan?

Di India, perawatan mesin Taurus tidak hanya mudah dilakukan tetapi juga terjangkau karena konstruksinya yang sederhana. Namun, disayangkan, di balik kelebihannya terdapat kekurangan.

Contohnya, getaran mesin yang sangat terasa seringkali membuat pergelangan tangan dan bahu pengendara cepat pegal. Selain itu, asap hitamnya sering mengganggu pengendara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: