Jadi Andalan Emak-emak Saat Tidak Sempat Masak, Bolehkah Konsumsi Frozen Food Setiap Hari? Cek Faktanya Disini

Jadi Andalan Emak-emak Saat Tidak Sempat Masak, Bolehkah Konsumsi Frozen Food Setiap Hari? Cek Faktanya Disini

Frozen food juga jauh lebih mudah untuk diolah juga rasa lebih enak.--dok : sumsek.co

Jadi Menu Andalan Saat Tidak Sempat Masak, Bolehkah Konsumsi Frozen Food Setiap Hari? Cek Faktanya Disini

SUMEKS.CO - Frozen food saat ini menjadi andalan ketika tidak sempat memasak makanan. Apalagi pilihannya cukup beragam. Mulai dari daging sosis, nugget, bakso, daging, dan jenis makanan lainnya.

Menjadi pertanyaan apakah frozen food aman untuk dikonsumsi setiap hari atau tidak?

Diakui selain praktis dan rasanya yang enak, frozen food juga jauh lebih  mudah untuk diolah.

BACA JUGA:Hati-Hati! 6 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat Kambuh, Yuk Dihindari

Oleh sebab itu  kebanyakan orang memilih untuk menyimpan stok frozen food di rumah selain mudah dan praktis namun juga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Namun meski pun begitu harus mengetahui apa saja dampak ketika terlalu sering mengkonsumsi frozen food setiap hari nya, misalnya memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Oleh karena itu yuk simak fakta tentang frozen food jika terlalu sering mengkonsumsi baik atau tidak untuk kesehatan tubuh. Diantaranya:

Frozen food merupakan makanan beku yang sebenarnya dapat dijadikan sebagai menu makanan, namun untuk mengkonsumsi sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Ide Menu dan Resep Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Namun sehat atau tidaknya makanan justru tergantung biasa hizi yang terkandung dalam makanan tersebut, hal ini dikarenakan bahan makanan selalu melalui proses yang serupa.

Hal ini diartikan tidak terdapat perbedaan kanduo gizi antara daging segar atau beku, begitu pula dengan frozen food lainnya, meskipun demikian gizi frozen food tidak berbeda dengan makanan segar.

Bukan berarti dapat mengkonsumsi frozen food setiap hari. Sangat tidak dianjurkan setiap hari karena akan berdampak pada kesehatan jika setiap hari mengkonsumsi nya.

Berikut diantara efek yang bisa terjadi :

BACA JUGA:Bingung Pilih Menu untuk Diet, Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk 30 Hari Full

1. Tekanan darah tinggi

Frozen food merupakan  olahan yang cenderung memiliki kandungan natrium yang tinggi. Seperti lasagna yang dibekukan hingga memiliki kandungan natrium mencapai 900 miligram.

Sedangkan asupan natrium yang melebihi batas akan menyebabkan paling utama ialah tekanan darah tinggi.

2. Gangguan kesehatan kardiovaskular

BACA JUGA:7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Ampuh Atasi Kecanduan Rokok, Bikin Paru-Paru Sehat

Jika terlalu berlebihan mengkonsumsi frozen food setiap harinya ialah akan berdampak meningkatkan risiko mengalami gangguan pada jantung.

Hal ini dikarenakan peningkatan asupan lemak trans dan lemak jenuh pada tubuh.

Sehingga akumulasi dari kedua lemah jahat ini akan berdampak pada risiko gangguan kardiovaskular dalam jangka panjang, termasuk gagal jantung dan stroke.

3. Obesitas

BACA JUGA:8 Makanan Ini Bisa Menjadi Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih, Biar Program Diet Sukses

Tidak hanya tinggi natrium dan lemak, frozen food juga tinggi akan kalori, sehingga makanan satu ini tidak membuat kamu cepat kerasa kenyang layaknya makanan segar.

Jika berlebihan mengkonsumsi frozen food setiap harinya dapat berdampak pada risiko mengalami kegemukan dan obesitas.

Apalagi jika mengkonsumsi frozen food yang mengandung oati secara berlebihan tentu dapat meningkatkan risiko penyakit gula dan dapat membuat tubuh menjadi obesitas.

4. Meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya

BACA JUGA:7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Lansia Supaya Tulang Tidak Keropos

Terlalu banyak mengonsumsi frozen food juga dapat meningkatkan risiko kanker. Alasannya berkaitan dengan pengawet dalam makanan ini. Agar frozen foods aman kamu konsumsi dalam jangka waktu lama, produsen akan menambahkan berbagai bahan pengawet. Bahan pengawet ini tidak memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu.

Nah, konsumsi frozen food yang berpengawet setiap harinya secara berlebihan tentu dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Sebab, beberapa pengawet seperti nitrit, dapat berkontribusi pada masalah kesehatan gastrointestinal.

Parahnya lagi, nitrit yang umumnya menjadi pengawet daging, dapat menghasilkan senyawa karsinogenik (pemicu kanker). Hal ini dapat terjadi jika nitrit terpapar panas tinggi, seperti saat memasak daging.

5. Penyakit Jantung

BACA JUGA:Jangan Ragu Santap Makanan Gula Tinggi, dr Zaidul Akbar Bocorkan Cuka Apel Solusinya

Frozen food kaya akan lemak trans, sehingga sangat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan juga bisa dapat terjadi nya penyumbatan arteri.

Kandungan lemak trans akan meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan bisa menurunkan kadar kolesterol HDL, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah itulah guys beberapa fakta mengenai apakah aman mengkonsumsi frozen food setiap harinya, jawaban nya ialah konsumsilah makanan frozen food sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan. Karena jika berlebihan dapat berdampak pada kesehatan.

BACA JUGA:Lagi Galau? Yuk Cobain 9 Rekomendasi Makanan Ini Buat Usir Badmood

Tidak hanya itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan segar yang sehat dan gizi seimbang. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: