Hati-Hati! 6 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat Kambuh, Yuk Dihindari

Hati-Hati! 6 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat Kambuh, Yuk Dihindari

Asam urat salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat di Indonesia.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Jika kamu mengidap penyakit asam urat, maka pastikan berhati-hati karena ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan asam urat kambuh.

Asam urat merupakan zat alami yang terbentuk ketika tubuh sedang mencerna purin, atau senyawa yang terkandung dalam beberapa jenis makanan.

Dikutip dari laman Healthline, jika seseorang mengkonsumsi makanan yang menyebabkan asam urat kambuh termasuk makanan yang memiliki kandungan purin tinggi maka akan berisiko melonjaknya asam urat dalam darah.

Nah karena itulah jika berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, akan membentuk kristal tajam yang mengendap pada persendian dan membuat asam urat kambuh sehingga terjadinya pembengkakan dan juga rasa nyeri.

BACA JUGA:Yuk Cobain 7 Minuman Detox Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Bahannya Mudah Didapatkan!

Secara umum ketika penyakit asam urat ini kambuh maka akan berpengaruh pada beberapa bagian tubuh, diantaranya, jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut dan juga tumit.

Selain disebabkan oleh faktor genetik dan pola hidup yang berantakan, penyakit asam urat ini juga bisa kambuh jika mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Lantas, apa saja jenis makanan yang harus dihindari agar tidak menyebabkan asam urat kambuh?

Dilansir dari laman halodoc.com, bagi pengidap asam urat harus berhati-hati dengan jenis-jenis makanan ini agar tidak menyebabkan asam urat kambuh, berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan, Nomor 6 Cocok Banget Buat Pria Berumur

1. Daging Merah

Jenis makanan pertama yang harus dihindari penderita asam urat ialah daging merah. 

Walaupun daging merah ini memiliki kandungan protein hewani yang akan bermanfaat dan penting bagi tubuh, tetapi tidak berlaku bagi penderita asam urat.

Karena daging merah termasuk daging sapi atau kambing memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: