Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bikin Kadar Gula Darah Naik Lho! Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bikin Kadar Gula Darah Naik Lho! Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

Untuk mengetahui kadar gula darah dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara rutin di klinik kesehatan.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan dianggap sepele, namun tanpa disadari bisa memicu kadar gula darah naik.

Nah kebiasaan-kebiasaan inilah yang akan mengganggu keseimbangan dari hormon insulin dan juga glukosa yang ada dalam tubuh sehingga menyebabkan kadar gula naik.

Jika kadar gula darah naik atau tinggi, maka akan menyebabkan berbagai risiko yang mengancam kesehatan tubuh.

Karena itulah beberapa kebiasaan yang tanpa disadari inilah yang berkontribusi dan menjadi pemicu kadar gula darah menjadi naik.

BACA JUGA:Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol, Ini Tips Sehat Usai Menyantap Hidangan Natal Agar Tetap Aman

Kadar gula darah merujuk ke tingkat glukosa yang ada dalam aliran darah. Sementara glukosa inilah yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh yang berasal dari asupan makanan yang mengandung karbohidrat.

Dikutip dari laman hellosehat.com, batasan kadar gula darah normal untuk orang dewasa yaitu kisaran 100mg/dL atau kurang dari 140 mg/dL usai makan, tetapi ketika gula darah naik maka nilai gula darah sebelum makan sudah lebih dari 125 mg/dL dan melebihi 180 mg/dL seusai makan.

Sebenarnya secara umum kadar gula darah naik karena adanya gangguan pada insulin, tak hanya itu, kondisi dan juga pola hiidup juga mempengaruhi regulagi gula darah dalam tubuh.

Lantas, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat gula darah naik?

BACA JUGA:Tips Jitu! Rebusan Daun Mangga Efektif Turunkan Kadar Gula Darah Mengindari Resiko Diabetes, Begini Caranya...

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering dilakukan sehingga membuat kadar gula darah naik, simak penjelasan nya:

1. Mengkonsumsi gula secara berlebihan

Salah satu penyebab kadar gula naik adalah mengkonsumsi gula berlebihan. terkadang orang-orang tidak sadar telah mengkonsumsi gula berlebihan.

Biasanya gula berlebihan ini berasal dari makanan ataupun minuman yang dikonsumsi, mengkonsumsi makanan manis memang enak apalagi makanan manis bisa memperbaiki suasana hati.

BACA JUGA:Awas Gula Darah Tinggi Buat Letoy Kaum Adam

Namun jika tidak dikontrol kebiasaan ini memicu kenaikan pada gula darah dengan cepat.

Makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi akan lebih mudah diserap tubuh sehingga membuat kadar gula darah naik secara drastis.

2. Kurang berolahraga

Nah kebiasaan satu ini juga seringkali dilakukan, orang-orang biasanya malas berolahraga, selain itu karena disibukkan dengan segala aktivitas membuat seseorang lupa melakukan olahraga.

BACA JUGA:Patut Dicoba, Jus Buah Ini Baik Untuk Turunkan Gula Darah

Padahal melakukan olahraga sangatlah penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya itu, jika kurang olahraga akan berdampak pada berkurangnya sensitivitas insulin.

Insulin merupakan hormon yang penting dan dapat membantu mengatur gula darah, nah jika kekurangan hormon ini maka lama-kelamaan akan membuat peningkatan pada kadar gula darah.

3. Gangguan hormon insulin

Selanjutnya penyebab gula darah naik ialah terjadinya gangguan pada hormon insulin dalam tubuh.

BACA JUGA:Pengidap Diabetes Hindari Nasi Hangat Ya! Simak Alasannya Disini

Kurangnya asupan hormon insulin akan menyebabkan kadar gula darah naik, hal ini dikarenakan hormon insulin tidak dapat bekerja secara efektif akibat adanya resistensi insulin.

Hormon insulin merupakan hormon yang sangat penting dan berperan untuk menjaga kadar gula yang ada dalam darah tetap stabil dan normal.

Hormon inilah yang akan membantu menyerap glukosa oleh sel tubuh sehingga menjadi sumber energi.

4. Dehidrasi

BACA JUGA:Penderita Diabetes Lebih Baik Mengkonsumsi Nasi Putih Dingin, Benarkah? Ini Penjelasannya

Selanjutnya kebiasaan yang bisa menyebabkan kadar gula darah naik ialah dehidrasi.

Karena kurangnya cairan dalam aliran darah di tubuh maka akan mengakibatkan gula darah menjadi lebih kental.

Ketika kadar gula darah naik maka tubuh akan mengeluarkan cairan urin lebih bannyak sebagai penyeimbang konsntrasi cairan yang ada dalam tubuh, sehingga kadar gula yang naik juga bisa memicu dehidrasi.

5. Melewatkan sarapan

BACA JUGA:Makan Melon Setiap Hari Bantu Stabilkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Nah kebiasaan satu ini paling sering dilakukan loh. biasanya karena terburu-buru seseorang cendrung melewatkan waktu untuk sarapan.

Padahal sarapan sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas, dengan sarapan akan membantu untuk membuat kadar gula darah menjadi stabil setiap harinya.

Karena itulah ketika kebiasaan melewatkan sarapan ini terus dilakukan maka akan mempengaruhi sel beta pankreas.

Sel inilah yang memiliki fungsi untuk menghasilkan insulin tidak bekerja secara optimal sehingga hhal itulah yang akan menyebabkan kadar gula darah naik.

BACA JUGA:Fakta 85 Persen Pria Mengalami Kebotakan, Berikut 6 Cara Pencegahan Dini

6. Tidur setelah makan

Kebiasaan ini juga seringkali tak disadari, kebiasaan tidur setelah makan menjadi salah satu penyebab kadar gula darah naik.

Memang sudah terbiasa, ketika perut merasa kenyang maka rasa kantuk juga akan datang.

Namun kebiasaan ini harus segera di hindari, apalagi jika tidur setelah mengkonsumsi makanan berat dan lemak yang tinggi.

BACA JUGA:Gegara Posisi WOT, Alat Kelamin Pria di Bali Patah saat Bercinta

Kebiasaan ini akan mempengaruhi gula darah karena memperlambat proses pencernaan, karena itulah tidur setelah makan rentan menyebabkan kadar gula darah naik.

Tidak hanya itu kebiasaan tidur setelah makan ini juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.

7. Tidak menjaga pola makan

Jika seseorang memiliki pola makan yang buruk dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi gula akan mengakibatkan kadar glukosa dalam darah mengalami peningkatan secara drastis.

BACA JUGA:Mau Tahan Lama di Ranjang, Pria Wajib Baca ini

Nah hal inilah yang akan menjadi penyebab tubuh kekurangan insulin atau resisten terhadap insulin.

Sehingga glukosa tidak bisa dimanfaatkan oleh sel yang ada di dalam tubuh dengan baik. Karenea itulah harus segera memperbaiki pola makan sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Nah itulah tadi beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat kadar gula darah naik.

Utuk mencegah kadar gula darah naik tidak hanya dengan memiliki pola makan yang sehat namun harus dibarengi juga dengan melakukan pola hidup yang sehat seperti berolahraga secara rutin dan melakukan pengecekan kadar gula darah secara berkala.

BACA JUGA:Segudang Khasiat Semangka Untuk Kesehatan, Bisa Bikin Pria Tahan Lama

Segera hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini agar menjaga kesehataan tubuh. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: