Penderita Diabetes Lebih Baik Mengkonsumsi Nasi Putih Dingin, Benarkah? Ini Penjelasannya

Penderita Diabetes Lebih Baik Mengkonsumsi Nasi Putih Dingin, Benarkah? Ini Penjelasannya

Nasi putih lebih rendah gula dibanding nasi yang masih panas.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Nasi putih diketahui mengandung gula yang terbilang tinggi, dimana sudah sepatutnya penderita penyakit diabetes menghindari batas konsumsi yang berlebihan.

Tetapi banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi nasi putih dalam keadaan dingin baik dan aman untuk penderita diabetes, benarkah?

Ternyata makanan dengan suhu panas yang terbilang tinggi memang memberikan efek berbeda dari makanan yang sudah dingin. 

Tapi apakah hal ini juga berlaku pada penderita diabetes yang mengonsumsi nasi putih atau berlaku untuk makanan jenis lainnya? Simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Benarkah Mengkonsumsi Durian Bisa Picu Tekanan Darah Naik? Yuks Simak Faktanya Disini

Penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi nasi putih karena makanan ini memiliki indeks glikemik (IG) yang terbilang sangat tinggi. 

Semakin tinggi indeks glikemik dari suatu bahan makanan, maka akan semakin cepat makanan tersebut menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Namun ditemukan fakta bahwa nasi dengan suhu yang lebih dingin mungkin tidak menimbulkan efek yang sedemikian drastis pada gula darah penderita diabetes. 

Seperti halnya yang dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Indonesia pada tahun 2015 lalu yang menemukan hasil bahwa nasi dingin memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi dari nasi panas

BACA JUGA:Yuk Simak Fakta dan Mitos Tentang si Raja Buah! Benarkah Berdampak Pada Kolesterol

Seperti yang diketahui bahwa Pati resisten merupakan sejenis serat yang tidak dapat dicerna oleh usus halus dimana serat ini akan langsung bergerak ke usus besar untuk difermentasi.

Nah pada tubuh manusia pati akan dicerna menjadi glukosa dan proses inilah yang menjadi penyebab terjadinya kadar gula darah menjadi naik.

Jika tubuh secara otomatis tidak dapat mencerna pati resisten maka serat akan otomatis berubah menjadi glukosa yang membuat kada gula darah akan tetap stabil.

Inilah yang kemudian disimpulkan oleh peneliti bahwa mendinginkan nasi dalam suhu 4 derajat Celsius selama 24 jam akan mendapati kandungan pati resisten yang tetap sama dan indeks glikemiknya tidak meningkat bahkan setelah nasi dipanaskan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: