Benarkah Mengkonsumsi Durian Bisa Picu Tekanan Darah Naik? Yuks Simak Faktanya Disini

Benarkah Mengkonsumsi Durian Bisa Picu Tekanan Darah Naik? Yuks Simak Faktanya Disini

--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Buah Durian banyak disukai karena memiliki rasa yang manis legit dengan baunya yang khas, dibalik duri yang tajam.

Saat ini buah durian sedang musim ditandai dengan bengkaknya pedagang yang menawarkan buah satu ini.

Namun sayangnya buah satu ini seringkali dihubung-hubungkan dengan resiko beberapa penyakit. Salah satu durian bisa memicu tekanan darah tinggi.

Hal inilah yang menjadi salah satu kekhawatiran penderita hipertensi yang galau antara penyakit dan makanan yang mengugah selera.

BACA JUGA:Yuk Simak Fakta dan Mitos Tentang si Raja Buah! Benarkah Berdampak Pada Kolesterol

Lantas benarkah mengkonsumsi durian bisa memicu kadar darah di dalam tubuh menjadi naik dan menyebabkan penyakit darah tinggi? Simak penjelasan berikut ini :

Diketahui sebuah studi literatur pada tahun 2020 lalu mencoba meninjau sejumlah penelitian terdahulu mengenai efek durian terhadap penyakit darah tinggi.

Namun hasil membuktikan bahwa hasil studi yang diterbitkan di Indonesian Journal of Global Health Research itu menemukan bahwa dosis durian yang berbeda menunjukkan pengaruh yang berbeda terutama pada tekanan darah sistolik dan diastolik.

Tak hanya itu, studi tersebut menunjukkan bahwa  durian yang memiliki dosis rendah kemungkinan hanya mengandung sedikit senyawa bioaktif dimana bisa menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah sistolik rata-rata.

BACA JUGA:Khasiat Ajaib Dari Daun Nangka, Nomor 5 dan 6 Nggak Nyangka Bisa Sembuhkan Penyakit Ini

Nah dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi durian dalam jumlah sedikit atau dosis rendah tidak mempengaruhi tekanan darah dan nadi.

Tetapi sebaiknya meskipun hasil tidak signifikan menunjukkan adanya keterkaitan yang konkrit namun tetap saja hindari makan durian berlebihan khususnya bagi penderita hipertensi.

Untuk informasi bahwa durian memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi misalnya pada durian kecil berukuran kurang lebih 600 gram memiliki 885 kalori.

Jumlah tersebut bahkan sudah memenuhi sekitar 44 persen dari kebutuhan kalori harian orang dewasa sebanyak 2000 kalori per hari.

BACA JUGA:Benarkah Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bisa Bikin Ngantuk? Ini Faktanya

Nah apabila orang makan durian sampai lebih dari 500 gram dipastikan bahwa tekanan darahnya mungkin akan sedikit naik selang setengah sampai dua jam setelah makan buah ini.

Tapi ahli membuktikan bahwa lonjakan tekanan darah setelah makan durian tidak terlalu signifikan lantaran kandungan durian yang memiliki kalium atau potasium tinggi.

Sebenarnya bukan hanya durian saja yang bisa picu darah tinggi atau hipertensi jika dimakan secara berlebihan bahkan makanan-makanan umum yang terlihat biasa saja pun bisa menjadi pemicu naiknya kadar darah.

Contoh lain adalah makanan dengan kadar gula yang tinggi seperti minuman manis, donat, soda, atau aneka kue hidangan penutup juga bakal merasakan tekanan darahnya naik.

BACA JUGA:Selain Pelengkap Masakan, Daun Salam Mujarab Sembuhkan Berbagai Penyakit, Buktikan Sendiri

Oleh karena itu, konsumsi durian berlebihan yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan aktif kemungkinan bisa menyebabkan obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: