Benarkah Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bisa Bikin Ngantuk? Ini Faktanya

Benarkah Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bisa Bikin Ngantuk? Ini Faktanya

Sayur kangkung yang disebut menimbulkan rasa kantuk.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Mengkonsumsi sayur dan buah penting untuk kesehatan dan dipercaya dapat memenuhi setengah kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Seperti yang diketahui bahwa setiap orang membutuhkan lebih kurang 2.000 kalori perhari tergantung masa tubuh.

Nah untuk memenuhi kebutuhan vitamin lainnya bisa didapatkan dari mengkonsumsi ragam makanan bergizi lainnya.

Kangkung menjadi salah satu sayur yang paling populer di Indonesia, karena selain mudah dicari, sayur satu ini juga mudah diolah dan disantap dengan hidangan apapun.

BACA JUGA:Pasien Gagal Ginjal Bisa Gunakan BPJS Kesehatan untuk Cuci Darah di Rumah Sakit

Selain itu kangkung juga mengandung banyak nutrisi penting dan baik untuk tubuh diantaranya kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan zinc

Namun beberapa orang percaya jika mengkonsumsi sayur kangkung malah bisa mengundang kantuk, benarkah?

Dikutip dari berbagai sumber, kemungkinan mengkonsumsi atau memakan kangkung bisa jadi benar menyebabkan kantuk dikarenakan adanya senyawa kimia sedatif atau zat yang bisa menenangkan. 

Senyawa kimia inilah yang diduga bisa menyebabkan penggemar sayur kangkung merasakan kemungkinan akan lebih mudah mengantuk

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini 6 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Rutin Supaya Tubuh Terkontrol

Selain itu juga kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa juga menjadi salah satu penyebab kantuk dan mengurangi tekanan darah dimana hal ini kemudian dirasakan sebagian orang. 

Sementara itu dikutip dari situs resmi alo dokter, dr Riza Marlina menjelaskan bahwa kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang populer di Indonesia dengan kandungan serat tinggi.

Menurutnya kandungan triptofan yang ada di dalam kangkung yaitu protein untuk memproduksi serotonin di tubuh yang dapat berfungsi memperlambat kerja saraf otak kemungkinan bisa diduga zat tersebut dapat menyebabkan kantuk.

Tapi perlu ditelaah lagi karena kondisi ini belum dapat di pastikan dan diperlukan penelitian lebih lanjut sehingga masih belum bisa dipastikan bahwa kangkung menyebabkan kantuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: