Wajib Tahu, Ini 6 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Rutin Supaya Tubuh Terkontrol

 Wajib Tahu, Ini 6 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Rutin Supaya Tubuh Terkontrol

Pemeriksaan tekanan darah sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mengontrol kesehatan tubuh.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Memeriksa kesehatan termasuk salah satu cara dan upaya yang terbilang efektif untuk mengontrol kesehatan tubuh.

Hal ini juga termasuk salah satu cara untuk mendeteksi penyakit atau kondisi tertentu secara dini untuk memastikan tidak ada gejala atau tanda penyakit.

Ini dapat berarti mendapatkan perawatan yang tepat pada waktu yang tepat dapat membantu seseorang mengendalikan penyakit lebih awal.

Lantas tes seperti apa yang seharusnya dilakukan? Ini penjelasannya.

BACA JUGA: MENYERAMKAN! Ini Dampak Buruk i Pada Tubuh Jika Sering Mengkonsumsi Junk Food

1. Cek berat badan dan tinggi badan

Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat dikenali lewat indeks massa tubuh normal. Cara yang digunakan untuk menentukan kategori berat badan diketahui dari hasil perbandingan tinggi badan lewat Indeks Masa Tubuh (IMT).

Lewat cara ini seseorang tentu akan mengetahui mengenai status berat badan apakah masuk dalam kategori normal, obesitas atau kurang gizi.

Dikutip dari Kemenkes, masyarakat Indonesia memiliki ambang batas indeks massa tubuh normal pada kisaran 18,5—25. 

BACA JUGA:Waspada, Ternyata Merokok Setelah Makan Bisa Membahayakan Tubuh, Simak Penjelasannya

2. Cek lingkar perut

Hal ini tentunya untuk mengetahui kadar lemak pada tubuh dimana lingkar perut normal pada pria harus kurang dari 102 cm dan untuk wanita kurang dari 90 cm.

Nah untuk mengetahui lingkar perut perlunya melakukan pengecekan dengan cara yang benar dengan menggunakan pita pengukur fleksibel saat berdiri serta menjaga lingkar perut normal untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengukur lingkar perut juga merupakan salah satu cara untuk memperkirakan status berat badan yang mana akan berkaitan langsung dengan potensi resiko penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: