Benarkah Merasakan Gugup Berlebihan Bisa Bikin Asam Lambung Naik? Cek Faktanya Yuk!

Benarkah Merasakan Gugup Berlebihan Bisa Bikin Asam Lambung Naik? Cek Faktanya Yuk!

Asam lambung bisa dipicu perasaan gugup yang berlebihan, pada sebagian orang.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Perasaan gugup merupakan slah satu emosi yang bisa ditunjukkan dan dialami manusia ketika berhadapan dengan suatu hal. Namun merasakan gugup berlebihan bisa memicu reaksi asam lambunh naik.

Apakah anggapan tersebut memang benar? Ketika seseorang merasakan emosi yang berlebihan, maka tubuh secara sadar akan mengeluarkan reaksi semacam gejala asam lambung naik.

Kondisi asam lambung yang naik akibat perasaan gugup berlebihan ini ditandai dengan adanya perasaan mual.

Ketika seseorang dihadapkan dengan situasi yang kurang menyenangkan maka secara reflek tubuh akan gugup dan tegang sehingga mucul lah perasaan mual tetapi tidak bisa mengeluarkan muntah dan perasaan tak nyaman di perut.

BACA JUGA:Sering Kedinginan Tanpa Alasan? Waspada Bisa Jadi Tanda Mengidap 7 Penyakit Ini

Perasaan mual yang terjadi akibat asam lambung yang naik karena sedang merasa gugup atau cemas berlebihan, kondisi ini biasanya disebut dengan istilah dry heavy karena kondisi ini tidak diiringi muntah, hanya perasaan mual saja.

Lantas, apakah benar merasakan gugup berlebihan bisa menyebabkan asam lambung naik?  Simak ulasannya yuk!

Menurut laman halodoc.com, ketika seseorang mengalami perasaan gugup maka akan merasakan mual akibat asam lambung yang naik, nah hal ini sebenarnya berhubungan dengan adanya peningkatan pada hormon tertentu yang ada dalam tubuh.

Secara umum, perasaan ingin muntah ini muncul ketika seseorang mencium bau yang tidak sedap atau bahkan cendrung sensitif terhadap kandungan makanan atau minuman tertentu.

BACA JUGA:Wajah Sehat dan Cantik Alami dalam 8 Langkah Mudah untuk Hasil Maksimal

Tidak hanya karena makanan atau minuman saja, tetapi ketika seseorang dihadapkan dengan suatu hal yang membuat emosi dan suasana hatinya berubah salah satunya ketika seseorang merasakan stress dan perasaan gugup berlebihan.

Merasakan gugup berlebihan menjadi salah satu pemicu tubuh mengeluarkan reaksi seperti ingin muntah dan rasa tidak nyaman di perut.

Rasa mual yang terjadi karena gugup berlebihan mungkin saja disebabkan oleh hormon serotonin yang meningkat.

Hormon serotonin yang ada dalam tubuh juga memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

BACA JUGA:Patikan Kebo, Tanaman Liar yang Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Karena itulah jika kelebihan hormon serotonin akan membuat produksi dari asam lambung meningkat dan menimbulkan reaksi mual pada tubuh.

Karena itulah ketika seseorang merasakan gugup berlebihan maka reflek yang ditunjukkan tubuh dengan munculnya perasaan mual.

Jadi fakta nya memang benar bahwa perasaan gugup berlebihan ini akan bereaksi membuat hormon dalam tubuh meningkat sehingga menimbulkan reaksi mual yang terjadi karena asam lambung naik.

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini?

BACA JUGA:Perhatikan! 8 Cek Kesehatan Ini Wajib Dilakukan Secara Rutin Oleh Perempuan

Dilansir dari laman halodoc.com, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik akibat merasakan gugup berlebih, yaitu:

1. Menenangkan diri

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik ketika menghadapi situasi yang membuat gugup ialah dengan membuat diri merasa lebih tenang.

Jika terus-terusan merasakan gugup maka akan memperburuk perasaan mual sehingga akan memunculkan perasaan ingin muntah.

BACA JUGA:Simak! Berikut 10 Manfaat 'Bunga Surga' atau Bunga Telang, Manjur Untuk Menjaga Kesehatan dan Stamina

Karena itulah jika sudah merasakan perut mual, segera lah berusaha untuk membuat pikiran kembali tenang.

Cobalah untuk menjauh dari keramaian yang ada, lalu cobalah tarik nafas dalam-dalam dari hidup dan keluarkan secara perlahan lewat mulut.

2. Alihkan pikiran negatif ke hal yang menyenangkan dan menenanggkan

Perasaan gugup terjadi ketika seseorang memikirkan suatu hal yang buruk sehingga akan memunculkan perasaan cemas dan takut.

BACA JUGA:Simak! Berikut 10 Manfaat 'Bunga Surga' atau Bunga Telang, Manjur Untuk Menjaga Kesehatan dan Stamina

Karena itulah jangan berlarut dengan perasaan dan pikiran yang negatif, cobalaah untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut.

Misalnya dengan menonton video lucu yang ada di ponsel, atau mengkonsumsi makanan favorit kamu.

3. Hindari hal-hal yang berpotensi buruk

Selanjutnya tips untuk mengatasi reaksi asam lambung naik karena perasaan gugup ialah dengan menghindari hal-hal yang malah memperburuk kondisi tubuh.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hair Mask untuk Mengatasi Masalah Rambut Bercabang, Nomor 6 Paling Banyak Digunakan

Hal yang mungkin jarang disadari, ketika merasakan gugup seseorang cendrung menjadi kesulitan tidur, padahal jika kurang tidur malah akan memperparah kondisi asam lambung yang naik.

Apalagi jika  memiliki kebiasaan minum kopi di malam hari, kebiasaan buruk ini malah memperparah kondisi asam lambung.

Sehingga jika hal ini terus berlanjut maka akan memunculkan rasa mual yang terus kambuh ketika dihadapkan dengan suatu hal yang membuat gugup dan perasaan stress muncul.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat pikiran kembali tenang sebelum tidur, cobalah untuk berendam dengan air hangat kemudian berilah sedikit aromaterapi.

BACA JUGA:Berikut 10 Manfaat dari Minyak Zaitun untuk Kesehatan tubuh, Simak Penjelasannya!

Berendam dengan air hangat akan membuat otot tubuh yang menegang menjadi longgar sehingga bisa membantu untuk menenangkan pikiran.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus segera menghentikan kebiasaan minum kopi di malam hari untuk menghindari gejala asam lambung yang makin parah.

4. Coba konsultasikan ke dokter

Selanjutnya tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik saat merasakan gugup ialah dengan mengkonsultasikan kondisi ini ke dokter.

BACA JUGA: Berikut 4 Cara Alami untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Ngak Perlu ke Apotek

Cara-cara yang telah di paparkan sebelumnya mungkin akan efektif membantu, namun jika dirasa tidak ada perubahan dan kondisi nya semakin parah maka sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun psikater.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dan meminta bantuan pada medis yang lebih tahu, agar pengobatan yang dilakukan juga bisa maksimal. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: