Sering Kedinginan Tanpa Alasan? Waspada Bisa Jadi Tanda Mengidap 7 Penyakit Ini

Sering Kedinginan Tanpa Alasan? Waspada Bisa Jadi Tanda Mengidap 7 Penyakit Ini

Rasa kedinginan yang datang secara tiba-tiba bisa jadi tanda ada penyakit dalam tubuh.--net

SUMEKS.CO – Pernah merasa kedinginan, padahal suhu udara sedang normal? Waspadalah bisa jadi merasakan kedinginan tanpa alasan merupakan pertanda sedang mengidap beberapa penyakit ini.

Merasakan kedinginan dalam ruangan yang ber-AC adalah hal yang wajar. Tetapi jika sedang tidak berada di dalam ruangan dan orang lain pun merasa suhu masih normal, artinya perasaan kedinginan tersebut terjadi tanpa alasan.

Merasakan kedinginan yang tak wajar perlu dicurigai sebagai salah satu pertanda adanya penyakit tertentu, maka segeralah lakukan pemerikasaan kesehatan ke dokter.

Jangan anggap sepele gejala kedinginan ini ya. Walaupun sedang ada di musim hujan tetapi seseorang yang sehat tidak akan merasakan kedinginan yang berlebihan.

BACA JUGA:Wajah Sehat dan Cantik Alami dalam 8 Langkah Mudah untuk Hasil Maksimal

Jika terus dibiarkan gejala kedinginan ini mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan dan memicu berbagai penyakit yang bahkan tidak terduga.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab sering merasa kedinginan padahal suhu sedang normal? Penyakit apa yang mungkin menjadi gejala seseorang mengalami kedinginan?

Dilansir dari laman alodokter.com, berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang sering merasakan kedinginan tanpa alasan :

1. Dehidrasi

BACA JUGA:Patikan Kebo, Tanaman Liar yang Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Dehidrasi terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, ketika tubuh tidak memiliki asupan air yang cukup, maka akan mempengaruhi sirkulasi udara yang membuat beberapa bagian tubuh mengeluarkan reaksi perasaan dingin.

Memiliki asupan air yang cukup sangat penting untuk mengontrol suhu tubuh apalagi tubuh manusia yang terdiri dari 60% air.

Karena itulah agar tidak merasakan kedinginan yang tak wajar, maka hindarilah membuat tubuh dehidrasi.

Pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan yang ada dalam tubuh dengan mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih per hari. Apalagi jika seringkali melakukan aktivitas  fisik.

BACA JUGA:Perhatikan! 8 Cek Kesehatan Ini Wajib Dilakukan Secara Rutin Oleh Perempuan

2. Anemia

Selanjutnya salah satu penyakit yang mungkin menyebabkan adanya perasan kedinginan yang tak wajar ialah ketika seseorang mengalami anemia.

Kandungan zat besi dan juga vitamin B12 sangat pentting untuk memproduksi sel darah merah, sel inilah yang berfungsi untuk membawa oksigen dan juga nutrisi yang akan mendistribusikan perasaan panas ke seluruh tubuh.

Jadi jika tubuh kekurangan zat besi dan juga vitamin B12, maka akan mengakibatkan sel darah merah kurang efektif dalam bekerja.

BACA JUGA:8 Ciri dan Tanda Orang Mengalami Depresi, Ini Gejala Awal yang Dirasakan! Nomor 1 dan 7 Sering Tak Disadari

Nah hal inilah yang akan menjadi pemicu badan terasa sering kedinginan, tak hanya itu kekurangan vitamin dan juga mineral akan menyebabkan seseorang mengalami anemia.

Oleh karena itulah untuk mencegah anemia, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi serta vitamin B12.

Sumber zat besi dan vitamin B12 ini terdapat pada telur, daging, ikan, makanan laut maupun sayur-sayuran hijau.

3. Diabetes

BACA JUGA:Hindari Sekarang! 5 Kebiasaan Buruk Ini Tenyata Bisa Memicu Penyakit Asam Urat, Nomor 5 Bahaya

Salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang sering kedinginan ialah penyakit diabetes.

Ketika seseorang mengalami diabetes yang tidak terkontrol lagi maka akan menimbulkan berbagai macam risiko komplikasi, diantaranya risiko gangguan saraf dan juga ginjal.

Selain itu peneyakit diabetes juga menyebabkan beberapa gangguan pada ginjal, sehingga akan menimbulkan gejala sering kedinginan sepanjang waktu, menghilangkan nafsu makan, sesak nafas, bengkak di area tubuh dan terjadinya mual disertai muntah.

4. Hipotiroidisme

BACA JUGA: Berikut 4 Cara Alami untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Ngak Perlu ke Apotek

Selanjutnya penyakit yang menyebabkan seseorang merasakan kedinginan terus-menerus ialah mengidap hipotiroidisme.

Kelenjar tiroid ialah kelenjar yang membentuk hormon tiroid dan terletak pada leher bagian depan yang memiliki bentuk semacam kupu-kupu.

Jika hormon tiroid ini berkurang maka akan mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga produksi panas dalam tubuh juga berkurang.

Karena itulah, jika seseorang kekurangan hormon tiroid maka akan berisiko mengalamai hipotiroid, nah gejala nya ialah sering kedinginan, mudah lelah dan juga sembelit.

BACA JUGA: Berikut 4 Cara Alami untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Ngak Perlu ke Apotek

5. Peredaran darah tidak lancar

Ketika mengalami perasaan dingin pada area kaki ataupun tangan, bisa jadi karena adanya permasalahan pada sirkulasi darah sehingga kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung.

Ketika jantung berada dalam kondisi yang tidak baik-baik saja maka akan menyebabkan jantung tidak mampu untuk emompa darah secara efektif.

Sehingga hal inilah yang menyebabkan aliran darah ke tubuh menjadi terhambat, salah satunya ke tangan dan juga kaki yang terasa dingin.

BACA JUGA:Berikut 10 Manfaat dari Minyak Zaitun untuk Kesehatan tubuh, Simak Penjelasannya!

6. Kurang tidur

Ketika seseorang mengalami kurang waktu istirahat atau waktu tidur maka akan berisiko membuat tubuh lebih mudah terasa kedinginan.

Penyebabnya ialah ketika seseorang kekurangan waktu tidur akan mengganggu sistem saraf serta kinerja dari hipotalamus yang ada di otak dan berfungsi untuk dapat mengatur suhu tubuh manusia.

7. Gangguan hipotalamus

BACA JUGA:5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui, Nomor 2 dan 4 Bikin Syok Pembaca

Ketika seseorang mengalami perasaan kedinginan yang terus-menerus bisa jadi itu adalah reaksi ketika seseorang mengidap gangguan hipotalamus.

Gangguan hipotalamus ini terjadi karena adanya kerusakan pada jarirngan hipotalamus. Nah kerusakan ini umumnya disebabkan oleh cedera pada kepala, cacat dari lahir, stroke ataupun penyakit autoimun.

Bahkan tidak hanya sering kedinginan loh, gangguan ini bahkan membuat seseorang juga mudah kepanasan.

Nah itulah tadi 7 penyakit yang menyebabkan seseorang sering merasa kedinginan tanpa sebab, namun perlu diingat juga bahwa gangguan kedinginan ini bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Jamur Beracun yang Bisa Menyebabkan Kematian, Jangan Dikonsumsi

Karena itulah jika memang sedang merasakan gejala kedinginan yang tak wajar, lebih baik segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar dapat mengetahui penyebabnya dan bisa segera mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: