BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Sumsel, Berlangsung hingga Besok

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Sumsel, Berlangsung hingga Besok

BMKG perkirakan cuaca ekstrem di Sumsel berlangsung hingga besok 14 Januari 2024 masyarakat diimbau waspada. Foto ilustrasi: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA: Potensi Cuaca Ekstrem di Kota Palembang Mulai Menurun

Sementara adapun menurut keterangan dari situs resmi BMKG.

Analisis Dinamika Atmosfer Dasarian I Januari 2024 curah hujan pada Dasarian I Januari 2024 umumnya berada di kriteria menengah - Tinggi (50 - 300 mm/dasarian).

Sifat hujan pada Dasarian I Januari 2024 umumnya Normal hingga Atas Normal.

Peringatan Dini terkait Curah Hujan Tinggi. Waspada: Beberapa Kabupaten di Provinsi Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Wawako Palembang Himbau Warga Waspada Beraktivitas

Siaga: Beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara.

Awas: Beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

Peringatan Dini terkait Kekeringan Meteorologis: Tidak ada.

Analisis OLR: Pada dasarian I Januari 2024, daerah tutupan awan (OLR = 220 W/m2) umumnya lebih tinggi di sekitar Lampung dan Jawa bagian barat dibandingkan dengan kondisi klimatologisnya. Di wilayah NTT, Sulawesi bagian timur, dan Maluku, tutupan awan cenderung lebih rendah dari kondisi klimatologis.

BACA JUGA:Saat Cuaca Ekstrem, Ini Kendala Bagi Pelaku Usaha Ikan Hias, Ikan Mudah Sakit dan Mati

Analisis dan Prediksi MJO: Pada dasarian I Januari 2024, MJO terdeteksi aktif di fase 2 (S. Hindia bagian Barat) dan diprediksi akan tetap aktif di fase 3, 4, dan 5 hingga awal dasarian III Januari 2024. MJO berkaitan dengan peningkatan konveksi dan potensi awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Analisis dan Prediksi Kelembapan Udara (RH): Kelembapan udara permukaan diperkirakan berkisar antara 60-80%, dan diprediksi akan tetap dalam kisaran tersebut hingga Dasarian I Februari 2024. Pada lapisan 850mb dan 700mb, kelembapan diprediksi bervariasi antara 50-80%.

Analisis dan Prediksi Suhu: Suhu rata-rata permukaan diperkirakan berkisar antara 23-28°C, dan diprediksi tetap dalam rentang tersebut hingga Dasarian I Februari 2024. Sementara itu, prediksi suhu minimum berkisar antara 10-24°C, dan suhu maksimum diperkirakan berkisar antara 26-34°C.

Analisis Perkembangan Musim Hujan Dasarian I Januari 2024:Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 64% wilayah Indonesia masuk musim hujan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: