Latja 46 Siswa Diktukba SPN Polda Sumsel di Polres OKU Segera Berakhir, Begini Pesan Kapolres

Latja 46 Siswa Diktukba SPN Polda Sumsel di Polres OKU Segera Berakhir, Begini Pesan Kapolres

Siswa Diktukba Polri Gelombang II 2023 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumsel mengikuti Latihan Kerja (Latja) di Polres OKU. Foto: dokumen/sumeks.co--

Demikian pula dengan yang beragama non muslim telah disediakan tempat khusus untuk beribadah sebagaimana yang lain.

BACA JUGA:277 Casis Diktuba Polri SPN Betung Dapat Arahan Langsung Kapolda Sumsel, Simak

Usai beribadah, siswa Bintara Polri ini diwajibkan mengikuti olahraga pagi berupa jogging dan senam pagi sebelum kemudian sarapan bersama-sama di ruang publik terbuka taman batu didampingi oleh para instruktur dan pengasuh.

Dilanjutkan apel pagi bersama anggota yang lain. Apel pagi ini, selain berfungsi pembiasaan saat berdinas nanti juga sebagai media informasi dan evaluasi tentang situasi dan kondisi Kamtibmas terkini, disamping perintah dan instruksi kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini.

Kegiatan selanjutnya adalah mengikuti latihan fungsi teknis di masing-masing satuan kerja. 

Keseluruhan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan sesuai siswa yang ada dengan jumlah satuan fungsi tempat Latja antara lain, Satintelkam, Satreskrim, Satlantas, Satsamapta, Satbinmas dan Sie Humas.

BACA JUGA:Mantan Kabid Humas Polda Sumsel Slamet Widodo Resmi Jabat Kepala SPN Betung

Mereka tidak hanya mendapatkan wawasan baru secara teroritis tetapi juga praktik langsung dilapangan. Para siswa ini bisa mengaplikasikan apa yang telah didapatan selama di lembaga pendidikan dengan kondisi yang sesungguhnya.

Seperti misalnya materi lalu lintas, para siswa tidak sebatas diajarkan gerakan pengaturan lalu lintas tetapi juga turun langsung di simpang jalan melakukan pengaturan lalu lintas, penjagaan maupun patroli. 

Tentunya didampingi oleh pengasuh maupun mentor fungsi terkait. Demikian pula dengan pelatihan di fungsi kepolisian lainnya.

Selepas latihan fungsi teknis yang berlangsung hingga pukul 14.30 WIB, siswa dipersilahkan untuk bersitirahat sejenak dan manjalankan ibadah. Kegiatan kembali dilanjutkan dengan olahraga sore hingga pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA:Wakapolda Sumatera Selatan Pimpin Upacara Pembukaan Diktuk Bintara dan Tamtama Polri di SPN Betung

Selain kegiatan yang bersifat pembelajaran siswa diwajibkan untuk senantiasa tampil rapi dan bersih, baik dalam berpaikaian, tempat tidur dan penataan Kaporlap hingga berbaris rapi saat pergerakan dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Malam harinya, setalah melaksanakan ibadah dan makan malam kegiatan masih dilanjutkan dengan belajar mandiri. Tepat pukul 21.00 WIB, rangkaian kegiatan siswa ditutup dengan apel malam yang dipimpin oleh pengasuh

Jauhari menambahkan, meski tak berada di Lembaga Pendidikan, namun pengaturan, jadwal dan displin tinggi tetap diterapkan dengan ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: