Polda Sumsel Ajak Pengusaha dan Pengemudi Jasa Transportasi Umum Jaga Kamtibmas Menuju Pemilu 2024

Polda Sumsel Ajak Pengusaha dan Pengemudi Jasa Transportasi Umum Jaga Kamtibmas Menuju Pemilu 2024

Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sumsel menggelar Kegiatan Focus Group, Jumat 24 November 2023. Foto: dokumen/sumeks.co --

"Lalu lintas yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak terhadap berbagai permasalahan di lalu lintas, yaitu pelanggaran lalu lintas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

BACA JUGA:Sambangi Driver Ojol, Ditbinmas Polda Sumsel Sampaikan Harkamtibmas

Ia menambahkan, penanganan lalu lintas telah diamanatkan dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 dan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013.

Tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, yang di dalamnya terdapat lima pilar, yakni Manajemen Keselamatan Jalan (oleh Bappenas), Jalan yang Berkeselamatan (oleh Kementerian PUPR). 

Kemudian Kendaraan yang Berkeselamatan (oleh Kementerian Perhubungan), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (oleh Polri) dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (oleh Kementerian Kesehatan). 

“Jadi lima pilar itulah yang menangani di dalam rencana keselamatan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tentang lalu lintas,” akunya. 

BACA JUGA:Ditbinmas Polda Sumsel Sosialisasi Harkamtibmas Angkutan Perairan Sungai Musi

Sementara, untuk Overload (ODOL) merupakan suatu kondisi dimana kendaraan mengangkut muatan yang melebihi batas beban yang ditetapkan sedangkan yang dimaksud dengan Overdimension adalah suatu kondisi dimana dimensi pengangkut kendaraan tidak sesuai dengan standar produksi pabrik (modifikasi).

Dampak dari ketidak patuhan dari angkutan truk berupa Overdimension/Overload (ODOL) berpengaruh besar pada tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan.

Dan pengaruh secara teknis akibat ODOL yang berujung pada insiden fatal pun beragam seperti underspeed, pecah ban, maupun rem blong.

Fenomena terjadinya underspeed sendiri bermula dari berat beban angkut kendaraan truk, mempengaruhi performa mesin akibatnya kendaraan tidak bisa melaju pada batas kecepatan minimum pada ruas jalan.

BACA JUGA:Operasi Bina Waspada Dit Binmas Polda Sumsel Silaturahmi ke Komunitas Motor

Terutama pada kondisi dimana permukaan jalan atau kontur jalan menanjak di beberapa titik.

"Bahkan angka keterlibatan truk kita melihat dalam kecelakaan di jalan akibat kecepatan yang rendah ini, menjadi yang paling dominan," tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: