Brokoli Bisa Cegah Penyakit Diabetes dan Kontrol Gula Darah,Benarkah? Ini Fakta dan Penjelasannya

Brokoli Bisa Cegah Penyakit Diabetes dan Kontrol Gula Darah,Benarkah? Ini Fakta dan Penjelasannya

Sayur Brokoli --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Sayuran merupakan bagian terpenting dalam memenuhi nutrisi tubuh terutama untuk kebutuhan serat.

Mengkonsumsi sayuran setiap hari dapat memberikan manfaat besar salah satunya mendukung kesehatan organ-organ yang ada didalam tubuh berkat kandungan nutrisi penting.

Nah salah satu sayur satu ini ternyata memiliki kemampuan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.  

Ya, brokoli, bahkan sayuran satu ini telah lama dikenal karena mengandung banyak manfaat kesehatan, mulai dari sifat pelindung kanker hingga nutrisi yang dapat mendukung kesehatan jantung dan otak. 

BACA JUGA:Mengandung Kolagen Tinggi, Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh 

Tidak sampai disitu saja tapi brokoli memiliki ini nutrisi penting yang sangat kaya seperti vitamin A, C, K, folat, serat, dan potasium dimana semua nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Menurut kabar yang sudah beredar dan menjamur di masyarakat sayuran brokoli aman untuk penderita diabetes serta bisa mencegah kenaikan kadar gula darah.

Bahkan sayuran ini berperan penting dalam hidup penderita pradiabetes atau diabetes, lantas benarkah brokoli bisa menjaga dan menurunkan kadar gula di dalam tubuh? 

Dikutip dari website EatingWell, sayuran brokoli ini disebut sebagai sayuran non-tepung dimana merupakan salah satu kandidat utama dalam makanan dan camilan seimbang. 

BACA JUGA:Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Gorengan, Begini Tips Merontokkan Lemak Jahat Ala Dr Zaidul Akbar

Menurut sumber lain sayuran hijau satu ini mengandung kurang dari 6 gram karbohidrat per 1 cangkir porsi mentah, dan sekitar 2 gram serat dimana kombinasinya sangat rendah karbohidrat dan serat, yang membuatnya lambat dicerna. 

Jika melihat dari pernyataan ini artinya brokoli nyaris tidak memberikan dampak pada kenaikan kadar gula dalam darah.  

Kemudian sayuran jenis brokoli dan makanan kaya serat lainnya bisa meningkatkan rasa kenyang lebih lama bahkan berbagai penelitian dan para ahli merekomendasikan penderita pradiabetes dan diabetes untuk mengikuti Metode Piring Diabetes.

Nah metode ini berarti makanan diisi dengan setengah piring sayuran dimana salah satunya adalah brokoli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: