Api Ludeskan Rumah Panggung di Karang Jaya Muratara, Pemilik Dievakuasi Tetangga

Api Ludeskan Rumah Panggung di Karang Jaya Muratara, Pemilik Dievakuasi Tetangga

Api yang menghanguskan rumah panggung milik Idris yang berada di Karang Jaya, Kabupaten Muratara Minggu sore. Foto: zul/sumeks.co--

MURATARA, SUMEKS.CO - Sebuah rumah panggung berlantai milik Idris (70), hangus terbakar Minggu 12 November 2023 sekitar pukul 14.20 WIB.

Kejadian itu membuat masyarakat Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, panik. 

Sebagian warga yang rata-rata merupakan petani ini, biasanya saat siang hari, suasana permukiman di desa ini memang nampak sepi karena warga banyak beraktivitas di dalam berkebun.

Idris tinggal bersama Anaknya yakni Ardi di rumah panggung dua lantai yang terbuat 80 persen dari kayu. Saat kejadian korban tengah istirahat di dalam rumah.

BACA JUGA:Pergi Mancing, Rumah Panggung Milik Jaka Ludes Terbakar, Sambar Sarang Walet Tetangga

Awalnya warga yang melintas melihat kepulan asap keluar dari atap bangunan dengan cat hijau putih itu. 

Bagian atas rumah dihuni oleh keluarga Idris, sedangkan di bagian bawah dijadikan sebagai garasi kendaraan.

Melihat kepulan asap putih berubah warna hitam dan menjadi api, warga langsung berteriak dan meminta pertolongan. Oleh warga, pemilik rumah diminta segera keluar.

Idris pria yang sudah lanjut usia itu terpaksa dibantu warga menyelamatkan diri. Teriakan 'Kebakaran, Kebakaran, Kebakaran' sontak menjadi sinyal pengumpul masa. 

BACA JUGA:Diduga Akibat Api Kompor, Rumah Panggung Hangus Terbakar Jadi Abu

Warga berduyun-duyun mendatangi lokasi kejadian, lalu berusaha membantu menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. 

Kades Sukaraja, Apandi saat dikonfirmasi menuturkan, ember, gayung selang kompresor dikerahkan warga untuk memadamkan api.

Namun sayang, karena api berkobar di atas atap rumah, membuat jangkauan siraman air dari warga tak mengenainya. Api itu dalam waktu singkat, berkobar semakin marah dan menghanguskan seluruh bagian rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: