Rapat Persiapan L3S Kabupaten OKI Tahun Ini Segera Dilaksanakan, Ini yang Dibahas

Rapat Persiapan L3S Kabupaten OKI Tahun Ini Segera Dilaksanakan, Ini yang Dibahas

Rapat persiapan lelang lebak lebung dan sungai, di pimpin Asisten 1 Pemkab OKI, di RRBS I, Senin 6 November 2023.-Niskiah/Sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Rapat persiapan pelaksanaan Lelang Lebak dan Sungai (L3S) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini akan segera dilaksanakan.

Rapat ini akan membahas berbagai hal terkait pelaksanaan L3S, mulai dari persiapan dokumen, tahapan lelang, hingga evaluasi hasil lelang.

L3S merupakan program pemerintah untuk rehabilitasi dan konservasi lebak dan sungai. Program ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan manfaat lebak dan sungai, serta mencegah terjadinya bencana banjir dan kekeringan.

Pada pelaksanaan lelang lebak lebung dan sungai nanti, sangat diharapkan konflik yang sering terjadi agar bisa diminimalkan. Dengan tujuan pelaksanaan lelang ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

BACA JUGA: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Minta BSB Tingkatkan Inovasi di Berbagai Bidang

"Kita sangat berharap pada pelaksanaan lelang lebak lebung nanti untuk konflik bisa diminimalkan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OKI, Ubaidilah SKM. 

Disampaikan Ubaidilah dalam rapat persiapan lelang lebak lebung tahun 2023 ini, semua panitia yang terlibat untuk membaca panduan yang ada. 

"Mengenai potensi konflik saat pelaksanaan lelang jelas ada tapi bagaimana meminimalkannya. Karena ini tentu menjadi kendala," jelas Ubaidilah, saat rapat persiapan lelang, di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) I Pemkab OKI, Senin 6 November 2023.

Dia menjelaskan, lelang lebak lebung dan sungai di Kabupaten OKI ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Sehingga sudah disiapkan regulasi dan panduannya. 

"Ini kan kegiatan rutin setiap tahun, kami siap memfasilitasi lelang lebak lebung ini," ujarnya. 

BACA JUGA:Pimpin Apel Pegawai, Kadiv Yankumham Kemenkumham Sumsel Tekankan Ini

Masih dikatakan Ubaidilah, tahun ini Kabupaten OKI karena kemarau membuat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dimana karhutla cukup luas sehingga menjadi sorotan. 

Rupanya, dari karhutla yang terjadi itu termasuk juga objek lelang lebak lebung dan sungai yang ada pun ikut terbakar. 

"Jadi kita sangat berharap kepada panitia lelang khususnya camat untuk menyikapi dengan baik untuk lelang tahun ini kepada masyarakat agar banyak peminatnya," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: