Realisasikan Peningkatan Status RSUD Fatimah, Pj Gubernur Sumsel Usul Penambahan Dokter Sub Spesialis ke Kemen

Realisasikan Peningkatan Status RSUD Fatimah, Pj Gubernur Sumsel Usul Penambahan Dokter Sub Spesialis ke Kemen

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima audiensi Direktur RSUD Siti Fatimah  dr. Syamsuddin Isaac dan jajaran di Griya Agung Palembang, pada Kamis, 12 Oktober 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima audiensi Direktur RSUD Siti Fatimah  dr. Syamsuddin Isaac dan jajaran di Griya Agung Palembang, pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan upaya penambahan tenaga dokter Sub Spesialis guna merealisasikan peningkatan klasifikasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Az-Zahra dari tipe B ke tipe A.

Usulan tersebut ditujukan langsung ke Kementerian Kesehatan RI.

"Terkait rencana peningkatan klasifikasi RSUD Siti Fatimah menjadi tipe A, kita akan meminta langsung ke Kementerian Kesehatan. Termasuk juga usulan penambahan dokter sub spesialis," kata Agus Fatoni.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Media Demi Wujudkan Pembangunan Sumsel Berkelanjutan

Namun sebelum mengajukan usulan tersebut, nantinya permintaan itu akan melalui tahap kajian terlebih dahulu oleh tim khusus. 

"Harus ada pembagian tugas sehingga upaya ini maksimal. Koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak juga harus semakin ditingkatkan agar lebih optimal," sambungnya.

Diketahui RSUD Siti Fatimah masuk dalam klasifikasi rumah sakit tipe B yang mana Agus Fatoni sedang memproyeksikan klasifikasi RSUD Siti Fatimah dapat meningkat menjadi tipe A.

Tentunya rumah sakit dengan klasifikasi tipe A harus memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medis yang paling sedikit 4 Pelayanan Medik Spesialis Dasar, 5 pelayanan Spesialis Penunjang Medik, 12 Pelayanan Medik Spesialis Lain dan 13 Pelayanan Medik Sub Spesialis.

BACA JUGA:Ribuan Jemaah Melaksanakan Salat Istisqa di Halaman Kantor Gubernur Sumsel

Sementara itu, Syamsuddin mengatakan pihaknya terus berupaya agar peningkatan klasifikasi terhadap RSUD tersebut dapat terealisasi. 

Selain itu juga sejumlah langkah mulai dari pembenahan pelayanan dan fasilitas terus dilakukan.

"Kendalanya karena kita kekurangan pelayanan Medik Sub spesialis. Kita melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti kedokteran Universitas Sriwijaya," katanya.

Dia berharap, upaya yang dilakukan tersebut dapat mempercepat meningkatnya klasifikasi RSUD Siti Fatimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: