Ciptakan SYIRKAH SUPPER, PPL Asal PALI Jadi Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

Ciptakan SYIRKAH SUPPER, PPL Asal PALI Jadi Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

Apriengga SP, PPL asal PALI berhasil dinobatkan menjadi inovator terbaik pertama di provinsi Sumatera Selatan. Foto: Heru/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Apriengga SP, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berhasil dinobatkan menjadi inovator terbaik pertama di provinsi Sumatera Selatan kategori Penyuluh bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan. 

Penganugerahan sebagai inovator terhadap Engga, sapaan keseharian pria yang bekerja sebagai PPL di wilayah Kecamatan Tanah Abang ini diberikan langsung Gubernur Sumatera Selatan pada Jumat malam, 22 September 2023 di Griya Agung Palembang. 

Atas prestasi tersebut, lagi-lagi nama Kabupaten PALI pimpinan Dr Ir H Heri Amalindo MM semakin dikenal luas dan tak lagi dipandang sebelah mata meski pun PALI usianya masih seumur jagung. 

"Penghargaan ini bukan milik saya pribadi tetapi milik masyarakat PALI. Dan atas diraihnya penghargaan ini berkat dukungan masyarakat PALI terutama pak Bupati Heri Amalindo," ucap Engga setelah acara penganugerahan inovator Sumsel tahun 2023.

BACA JUGA:Tampung Usulan Warga, Prioritaskan Pembangunan Wisata di PALI hingga 20 Tahun Mendatang

Ditambahkan Engga bahwa atas capaian tersebut menjadi pemacu bagi dirinya untuk terus melakukan inovasi untuk mendukung pembangunan di Kabupaten PALI. 

"Penghargaan ini tidak serta merta membuat saya berbesar hati, namun menjadi penambah semangat saya untuk berinovasi. Saya juga berharap kedepan ada banyak warga PALI lainnya yang bisa menjadi inovator terbaik di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Kabupaten PALI Khairiman menyebut, bahwa Engga telah melakukan terobosan dibidang penyuluh Pertanian, Perkebunan,  Perikanan dan Peternakan.

"Penganugerahan tersebut setelah melalui beberapa tahapan yang dilakukan Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan dengan tim juri independen profesional dari beberapa instansi. Penghargaan ini tentu menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten PALI," terang Khairiman. 

BACA JUGA:Tim Penilai Kampung Tangguh Bebas Narkoba Polda Sumsel Kunjungi Desa Pengabuan PALI

Untuk inovasi yang diinisiasi Engga, dikemukakan Khairiman adalah SYIRKAH SUPPER (Solusi Permodalan Petani Berkah). 

"Inovasi itu merupakan suatu konsep kemitraan dalam usaha tani yang memadukan antara aspek manajemen agribisnis dengan aspek spiritual," jabarnya.

Diketahui bahwa penganugerahan inovator tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang telah melakukan seleksi penerima penghargaan inovator Sumatera Selatan tahun 2023 dengan 16 kategori.

Dari seleksi tersebut, tim juri telah menjaring 87 inovator yang mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: