Provinsi Sumsel Juara Umum Pertama Olimpiade Sekolah PGRI Ke-1 Tingkat Nasional Tahun 2023

Provinsi Sumsel Juara Umum Pertama Olimpiade Sekolah PGRI Ke-1 Tingkat Nasional Tahun 2023

Penyerahan hadiah kepada pemenang Olimpiade Sains Sekolah PGRI ke-1 Tingkat Nasional tahun 2023, Sabtu, 9 September 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi juara umum pertama dengan score 380 dalam Olimpiade Sains Sekolah PGRI Ke-1 Tingkat Nasional Tahun 2023 yang berlangsung di Kota Palembang.

Kepastian ini setelah diumumkan langsung dalam acara pembagian hadiah sekaligus penutupan Olimpiade Sekolah PGRI ke 1 ini di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu, 9 September 2203 malam.

Sedangkan untuk Juara Umum Kedua (2) di raih Provinsi Jawa Barat dengan score 210, dan Juara Umum Ketiga (3) di raih Provinsi Bali dengan score 145.

Hadir dalam acara pembagian hadiah dan penutupan,  Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, Ketua Perwakilan YPLP PGRI Provinsi Sumsel, H Hasanuddin, Ketua BPH PB PGRI pada Univ. PGRI Palembang, Hj. Meilia Rosani diwakili H. Djamaani, Ketua BPLP PGRI Pusat mewakili Bendahara Umum PB PGRI, Basyarudin Thoyib.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Buka Acara Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Lalu, Rektor Univ. PGRI Palembang, Bukman Lian diwakili Sukardi, Sekretaris Umum PGRI Provinsi Sumsel, H Lukman Haris, Plt Sekjen PB PGRI, Munir Subagja, Eis Karwadi, Rachmawati, Pengurus PGRI Provinsi Sumsel, Para Kepala Sekolah, Humas PGRI Palembang, Mulyadi, dan undangan lainnya.

"Ini sudah penutupan Olimpiade sekolah-sekolah PGRI sekaligus pengumuman juara lomba," kata H Ahmad Zulinto.

Lanjut Ahmad Zulianto, kegiatan ini kita evaluasi selama kegiatan olimpiade ini berlangsung untuk pembenahan apabila ada kekurangan.

"Saya menilai Olimpiade Sekolah PGRI yang dilaksanakan dari tanggal 7-9 September 2023 ini telah berjalan dengan lancar dan sukses, anak-anak tersebut sudah mengeluarkan aktivitas dan kreatifitasnya, para guru nya, dalam beberapa tangkai lomba," ujar Ahmad Zulinto.

BACA JUGA:Simak! Tips Belajar Matematika Dari Peraih Emas Olimpiade Sains Nasional

Ahmad Zulinto berharap, dengan kegiatan ini pengurus besar BPLP PGRI Pusat dapat mengevaluasi apakah kegiatan yang dilaksanakan pertama ini sudah sangat memuaskan atau masih ada hal-hal yang harus diperbaiki ke depan.

"Karena ini akan menjadi acara rutinitas, bahwa baik 2 atau 2,5 tahun ini harus kita laksanakan. Saya juga berterima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara khusus nya dari yayasan Sumsel sebagai tuan rumah bahwa penyelenggaraan ini hebat, meriah, aman, tertib, dan hasil dari pada pengumuman bahwa anak - anak sekolah PGRI mampu berkontribusi baik kompetensi akademik, talenta dan semua tertuang di sini. Dan kami yakin anak PGRI tidak kalah dengan anak lainnya," ungkap Ahmad Zulinto.

Masih dikatakan Ahmad Zulinto, masukan kepada PB sebagai evaluasi seyogyanya seluruh provinsi harus turut serta.

"Tidak hanya 15 provinsi, artinya kita baru 50 persen yang ikut. Padahal, hampir semua provinsi ada sekolah PGRI. Kita harapkan ke depan semuanya ikut, juga setiap kegiatan ke depan sebelum pelaksanaan harus dimatangkan dalam berbagai persiapan sehingga penyelenggaraan ini dapat bermakna bagi sekolah PGRI secara nasional," jelas Ahmad Zulinto.

BACA JUGA:Inspektorat Jenderal Kemendikbud Ristek Dikti Kunjungi Universitas Bina Darma Palembang, Ini Tujuannya

Sementara itu, Ketua Perwakilan YPLP PGRI Provinsi Sumsel H Hasanuddin menambahkan, kegiatan malam ini adalah pemenang-pemenang pada tingkat SMP, SMA, dan SMK.

"Terdiri dari lomba Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Dan lomba siswa terdiri dari 15 tangkai lomba," tegas Ahmad Zulinto.

Hasanudin menambahkan, dirinya berharap kedepannya kegiatan ini dilaksanakan kembali setiap 2 tahun sekali.

"Olimpiade ini akan terus berlangsung dan akan selalu bergantian provinsi menjadi tuan rumah, juga akan ditambah dari cabang olah raga yang mana tahun pertama ini diperlombakan hanya bidang catur putra," terangnya.

BACA JUGA:MANTAP! 2 Dosen Universitas Bina Darma Palembang Fakultas Vokasi Lolos Top 10 Dosen Inovatif Sumsel

Kegiatan pembagian hadiah untuk pemenang sendiri berjalan meriah, bahkan nampak para pemenang merasa bangga hingga ada yang menangis saat namanya di panggil. Ada yang berteriak hingga berpelukan sesama teman dan guru sekolah masing - masing.

Diketahui, Ajang lomba Olimpiade Sekolah PGRI se- Indonesia ini telah dimulai tanggal 7 - 9 September 2023 dan memperlombakan sebanyak 15 tangkai lomba di tingkat SMP, SMA dan SMK PGRI se-Indonesia yang terdiri dari Matematika, IPA, Fisika, Biologi, Kimia, Bisnis Plan, karya tulis.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: