Simak! Tips Belajar Matematika Dari Peraih Emas Olimpiade Sains Nasional

Simak! Tips Belajar Matematika Dari Peraih Emas Olimpiade Sains Nasional

Grace Cristinalie peraih medali emas Olimpiade Sains (OSN) tahun 2022.--

PEKANBARU, SUMEKS.CO - Grace Cristinalie peraih medali emas Olimpiade Sains (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SMP dalam bidang matematika membagikan kiat khusus untuk pelajar diseluruh Indonesia agar dapat menjadi "bintang" dalam menghadapi pelajaran matematika. 

Jadi menurut dia, seseorang harus merasa memiliki terlebih dahulu dalam pelajaran dasar ilmu eksakta tersebut.

"Kita harus suka dulu nih, harus punya rasa pengen tahu lebih dalam apa sih ilmu matematika nih, ga usah takut. Matematika itu mengasikkan, kalau kita sudah suka sama pelajarannya, kedepannya akan mudah dan sekarang kalau ada hitung hitungan, saya selalu yang menjadi terdepan karena saya selalu hubungkan dengan ilmu matematika," katanya dalam press tour yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Universitas Riau, Pekanbaru, Selasa 4 April 2023.  

Baginya yang tak kalah penting yaitu dukungan kedua orangtuanya telah mengikutsertakan Grace ke tempat kursus matematika sejak ia masih di bangku Taman Kanak-kanak (TK). 

BACA JUGA:Catat, ini Imam-Khatib Salat Ied Idulfitri di Masjid Agung Palembang

Selanjutnya, ibu yang ikutin saya les Kumon, seru gurunya juga mendukung proses belajar. Matematika menjadi menyenangkan hingga saya kelas V SD ikutlah pelatihan di sekolah dan akhirnya ikut olimpiade tingkat nasional dan masih SD saya juga sudah mendapatkan medali emas di OSN.

Dalam mengikuti OSN Desember 2022 lalu, lawan terberat adalah dari daerah Jawa dan DKI. Grace mengakui mereka lebih cepat dalam berhitung.

"Wah lawan terberat itu Jawa dan DKI, saya juga sempat minder dikit tapi saya lawan dan saya percaya diri," ungkapnya.

Dan OSN, memberikan manfaat lainnya yaitu dirinya menjadi lebih mandiri, disiplin waktu dan memiliki banyak teman. 

BACA JUGA:Bayar Zakat Boleh Menggunakan Uang dari Hutang, Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

"Pasca ikut lomba saya merasa menjadi lebih mandiri, lebih disiplin waktu," ujarnya.

Grace yang mempunyai cita-cita menjadi seorang pebisnis itu juga menilai ilmu matematika dapat dipakai di banyak industri.

"Makanya aku mau jadi pebisnis mesin. Karena dari mesin itu ada itungan matematikanya dan membuat proses produksi lebih cepat. Saya mau lanjutin bisnis papa mudah mudahan saya bisa capai cita-cita tersebut," tegasnya.

Setiap hari Grace selalu berlatih secara intensif di sekolah dan di rumah bahkan jam belajarnya dijelaskan perempuan kelas IX itu dari pagi hingga malam selalu mengulang pelajaran matematika. Namun bukan berarti dia belajar terus menerus. Grace menyebut tetap ada waktu untuk dia menekuni hobi lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: