Ribuan Santri Diduga Dijual Panji Gumilang ke Luar Negeri, Benarkah Al-Zaytun Sarang Perdagangan Manusia?

Ribuan Santri Diduga Dijual Panji Gumilang ke Luar Negeri, Benarkah Al-Zaytun Sarang Perdagangan Manusia?

Ponpes Al-Zaytun Indramayu, ternyata terdapat dugaan perdagangan manusia.--

Akan tetapi, mereka malah menjadi pekerja migran ilegal. Seperti, menjadi pembantu rumah tangga atau bahkan Pekerja Seks Komersil (PSK). 

BACA JUGA:Terkait Kasus Panji Gumilang dan Al-Zaytun, Susno Duadji Beberkan Kajian Hukum Murni dan Netralitas

Dalam video tersebut juga menyebutkan, bahwa Panji Gumilang dan beberapa pengurus Ponpes Al-Zaytun Indramayu, terlibat perdagangan manusia. 

Video ini sontak menimbulkan kontroversi dan kemarahan publik, banyak orang yang menuntut Panji Gumilang ditangkap dan diadili. 

Polisi pun langsung bergerak cepat untuk mengusut kasus ini. Panji Gumilang pun dipanggil dan diperiksa oleh tim penyidik Bareskrim Polri. 

Pemeriksaan terhadap Panji Gumilang ini terkait dua laporan yang telah masuk, yakni, dugaan penistaan agama dan dugaan perdagangan manusia. 

BACA JUGA:Terkait Kasus Panji Gumilang dan Al-Zaytun, Susno Duadji Beberkan Kajian Hukum Murni dan Netralitas

Polisi juga memeriksa beberapa orang saksi dan korban, yang berhasil diselamatkan dari jaringan perdagangan manusia tersebut. 

Lantas, apakah benar bahwa Ponpes Al-Zaytun Indramayu merupakan sarang perdagangan manusia? Dan bagaimana modus operandinya?. 

Berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai sumber berita dan internet, semua orang tentu akan terkejut terkait fakta di Ponpes Al-Zaytun Indramayu. 

Namun, video ini belum diketahui kebenarannya. Karena, hingga kini pihak berwenang belum memberikan keterangan secara resmi. 

BACA JUGA:Pablo Benua Nilai Ada 2 Perspektif Penetapan Tersangka Panji Gumilang: ‘Memuaskan Hati Orang yang Mendendam’

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan penemuan ratusan tengkorak, di sebuah tempat penggalian lubang di komplek Ponpes Al-Zaytun Indramayu. 

Dikutip SUMEKS.CO dari unggahan akun Snack Video mbahkung304, 9 Agustus 2023, ratusan tengkorak tersebut diduga merupakan tumbal dari Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu.

Dari keterangan video itu disebutkan, bahwa tengkorak-tengkorak yang ditemukan tersebut merupakan real killer dengan motif janji-janji yang dikemas dengan kemampuan supranatural. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: