Waspada! Penyakit Kronis Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia

Waspada! Penyakit Kronis Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi--dok : sumeks.co

BACA JUGA:7 Daerah di Sumsel Capai UHC, Masih Sisa 10 Kabupaten dan Kota Lagi

Peran sektor di luar kesehatan juga sangat penting, terutama dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"PTM merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Melalui kegiatan Prolanis, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para penderita PTM agar lebih optimal," katanya.

Prolanis adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan.

Melalui Senam Prolanis, diharapkan peserta dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. 

BACA JUGA:Pesiar Terobosan Terbaru BPJS Kesehatan Palembang Kejar UHC

Hal ini bertujuan untuk menjauhkan mereka dari berbagai PTM seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan masalah ginjal.

Peserta diharapkan dapat melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengontrol tekanan darah dan gula darah, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan sehat, dan minum air yang cukup. 

Mereka juga diingatkan untuk tidak merokok dan tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palembang, dr. Sari Quratulainy MM AAK menjelaskan bahwa Senam Prolanis merupakan kegiatan rutin di setiap pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas dan klinik. 

BACA JUGA:Capaian UHC Palembang 99 Persen, Lampaui Nasional

Peserta yang memiliki penyakit kronis diharapkan bisa mengikuti senam ini setiap minggu dan mendapatkan edukasi secara rutin setiap bulan.

Dalam rangka peringatan HUT BPJS Kesehatan yang ke-55, acara ini diselenggarakan di Griya Agung atas arahan Ketua TP PKK Sumsel. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat peserta Prolanis dalam mengikuti senam, mendapatkan edukasi, dan minum obat secara rutin. 

Pasien dengan penyakit kronis seperti hipertensi harus mengonsumsi obat sepanjang hidup mereka. Melalui kegiatan ini, mereka diharapkan dapat menjaga kualitas hidup mereka agar tetap sehat di masa tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: