Budayawan Sumsel Tegaskan Gedung Pasar 16 Ilir Palembang Bukan Bangunan Heritage

Budayawan Sumsel Tegaskan Gedung Pasar 16 Ilir Palembang Bukan Bangunan Heritage

Gedung Pasar 16 Ilir Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

Budayawan Sumsel Tegaskan Gedung Pasar 16 Ilir Palembang Bukan Bangunan Heritage

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wacana renovasi dan pergantian nama Pasar 16 Ilir menjadi The Heritage 16 Ilir, mendapat tanggapan dari budayawan Sumsel Vebri Al Lintani.

"Kalau kita bicara pergantian nama Pasar 16 Ilir menjadi The Heritage 16 Ilir memang benar itu kawasan heritage, namun untuk gedungnya 16 Ilir itu tidak lagi heritage dikarenakan sudah pernah terbakar dan ada renovasi penambahan lantai gedung," kata Vebri Al Lintani kepada SUMEKS.CO, Kamis 25 Mei 2023.

Vebri menjelaskan, nama Pasar 16 Ilir sudah menjadi legenda Kota Palembang, bahkan namanya tersebut dikenal masyarakat Indonesia sama halnya seperti Pasar Tanah Abang Jakarta.

"Sudah sangat melegenda namanya. Namun untuk bangunannya tidak heritage lagi, hanya saja kawasannya. Tepatnya seperti ruko-ruko di kawasan Pasar 16 itu," jelasnya.

Vebri menuturkan, mengenai pergantian nama tersebut, secara pribadi ia kurang setuju dikarenakan menghilangkan nama yang sudah dikenal dari dulu.

BACA JUGA:Wako Palembang Dukung Renovasi Pasar 16 Ilir

"Namanya Pasar 16 Ilir sudah dari masa kesultanan, kolonial, hingga sekarang. Kalau diganti namanya maka ikon dan legenda nama Pasar 16 Ilir akan hilang begitu saja," tuturnya.

Menurut Vebri, akan tetapi jika kawasannya diberi nama The Heritage 16 Ilir, ia menyetujuinya. "Kalau nama pasar 16 diganti saya tidak setuju. Namun jika kawasannya diberi nama The Heritage 16 Ilir, saya setuju karena memang benar," ungkapnya.

Kendati demikian, Vebri berharap agar pergantian nama Pasar 16 Ilir menjadi The Heritage 16 Ilir agar dipertimbangkan lagi, serta melibatkan budayawan dan beserta ahlinya untuk mendiskusikan lagi mengenai pergantian nama.

"Kalau kawasan setuju saja malah bagus dinamakan The Heritage 16 Ilir. Kalau bisa pasarnya tetap nama Pasar 16 Ilir saja, untuk nama kawasannya The Heritage 16 Ilir. Jadi dapat dua-duanya yang diangkat," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: