Warga Kecamatan Panang Enim Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Warga Kecamatan Panang Enim Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Ilustrasi--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada perangkat pemerintahan desa.

Yakni khususnya dalam wilayah Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim. Pelaksanaan itu di Aula Kantor Camat.

Perserta yang hadir mendapatkan sosialisasi dengan pemateri Wawasan Kebangsaan dari Koramil Tanjung Enim dan Badan Kesbangpol, Kamis 18 Mei 2023.

Kepala Badan Kesbangpol Muara Enim Drs Andi Wijaya mengatakan  pemberian Wasbang bagi seluruh Pemerintah Kecamatan Panan Enim dan Pemdes se-Kecamatan Panang Enim tersebut merupakan sebagai Implementasi upaya Pemkab Muara Enim.

Yaitu untuk memupuk memberikan wawasan bela negara bagi perangkat desa dalam rangka menangkal Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) terhadap Ideologi Pancasila. 

BACA JUGA:Polres Muara Enim Beri Kenyamanan Perayaan Kenaikan Isa Almasih Bagi Jamaah

Andi juga mengajak kepada perangkat desa untuk dapat ikut mensukseskan Pemilihan Umum dan Pemilhan (Pilkada) Tahun 2024 mendatang. 

Terutama dalam melakukan pengawasan partisipatif disetiap tahapan. Dengan mengajak masyarakatnya untuk meningkatkan partisipasinya dalam Pemilu/Pemilihan.

"Yang terpenting saya menghimbau kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa, karena mengingat ini sudah memasuki tahun politik. Jadi jaga kondusifitas di masyarakat jangan sampai ada terjadi perpecahan di antara masyarakat ,” tegasnya, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Sabtu 20 Mei 2023.

Sementara itu, Komandan Koramil 404-05 Tanjung Enim Kapten Czi Sujarwo melalui Babinsa Serka Robinson mengatakan, dengan memberikan pembinaan dan pengawasan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Pemerintah Desa, yang dikuti oleh seluruh Kades se-kecamatan Panang Enim sebagai wujud pembinaan pembentukaan karakter masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke bhineka tunggal ika-an dalam bingkai keutuhan negara Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Kumpulkan Anggota Organisasi Wanita, Bekali Pengetahuan Produk Pangan

Serka Robinson berharap dalam pembinaan dan pengawasan Wasbang harus kerap dilakukan untuk menguatkan dan memperkenalkan nilai-nilai dasar Pancasila, sebagai benteng diri dan pengaruh negatif perkembangan teknologi informasi yang beredar dimasyarakat.

"Saya harap untuk kegiatan ini kedepan terus ditingkatkan, sebagai wujud menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai keutuhan negara Republik Indonesia khususnya di Kecamatan Panan Enim ini," tukasnya. 

Pantauan di lapangan hadir pada acara tersebut Camat Panang Enim Mei Fajar Haryadi, Kapolsek Tanjung Agung, BNPD Muara Snim, BNN Muara Enim dan Kasat Pol PP Muara Enim serta Kepala desa se-Kecamatan Panang Enim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: