Pengelolaan Zakat Baznas Muara Enim Dilakukan Online, Pemberitahuan Melalui SMS

Pengelolaan Zakat Baznas Muara Enim Dilakukan Online, Pemberitahuan Melalui SMS

Peserta Rakor Baznas Muara Enim. --

Pengelolaan Zakat Baznas Muara Enim Dilakukan Online, Pemberitahuan Melalui SMS

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pengelolaan zakat, infak dan lainnya di Kabupaten Muara Enim bisa dilakukan secara online. 

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi optimalisasi pengelolaan zakat dengan bendaharawan gaji dinas instansi, OPD Lingkup Pemkab Muara Enim bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim. Rapat Koordinasi digelar, di ruang rapat Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu 17 Mei 2023.

Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muara Enim, Syachril menyampaikan perkembangan terbaru dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Muara Enim. Seluruh pengelolaan zakat di Kabupaten  Muara Enim diatur dan dilakukan melalui Baznas dengan menggunakan teknologi digital atau secara online. 

Lanjutnya, Baznas Muara Enim telah menerapkan kontribusi zakat melalui Zariat, yakni sebuah sistem yang memungkinkan warga yang membayar zakat dan infak untuk melakukan setoran secara langsung secara online ke pusat. Dalam hal ini, setiap individu yang membayar zakat akan menerima notifikasi SMS sebagai ucapan terima kasih langsung dari Baznas Pusat. 

"Jadi melalui aplikasi Baznas yang terintegrasi dengan program Sibang, pengelolaan zakat dapat terpantau dengan jelas melalui Baznas Pusat," kata Syachril dikutip enimekspres.bacakoran.co, Jumat 19 Mei 2023.

BACA JUGA:Sekda Ratu Dewa Perintahkan Baznas Segera Perbaiki 3 Rumah Warga Talang Jambi yang Dirusak Puting Beliung

Dikatakan, zakat adalah salah satu bagian dari Syariat Islam, yang mengharuskan umat muslim untuk membayar sebagian harta mereka sebagai bentuk kontribusi sosial kepada yang membutuhkan. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Yulius menyatakan bahwa hingga bulan Mei tahun ini, tingkat pengumpulan zakat baru mencapai 30 persen. 

Namun, berkat upaya yang dilakukan oleh Baznas Muara Enim, angka tersebut telah meningkat menjadi 40 persen. Sehingga ke depan, diharapkan mendorong agar promosi zakat lebih intensif kepada perusahaan-perusahaan di Muara Enim. 

"Pentingnya kerja sama dengan dinas-dinas terkait untuk memastikan proses transfer zakat menjadi lebih efisien, dengan adanya bukti transfer yang dapat memudahkan pelaporan infak," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: