Tunggu Jadwal Pelatihan, 971 Petugas Sensus Pertanian OKI Siap Laksanakan Tugas

Tunggu Jadwal Pelatihan, 971 Petugas Sensus Pertanian OKI Siap Laksanakan Tugas

Jaya Sempurna. foto: niskiah sumeks.co--

Tunggu Jadwal Pelatihan, 971 Petugas Sensus Pertanian OKI Siap Laksanakan Tugas

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 971 petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 segera menjalani pelatihan di Palembang. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKI Anugrah Hani Prasetyowati SST MSi melalui Kasubag Umum, Jaya Sempurna SE MM mengatakan bahwa perekrutan petugas Sensus Pertanian telah dilaksanakan sehingga tahapan selanjutnya yakni pelatihan. 

"Untuk pelatihan bagi ratusan petugas Sensus Pertanian ini akan dilaksankan mulai Sabtu 20 Mei besok hingga 30 Mei 2023 mendatang," kata Jaya kepada SUMEKS.CO, Jumat 19 Mei 2023.

Jaya mengungkapkan, untuk pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 ini di bulan Juni hingga 31 Juli 2023 nanti. Jadi pelaksanaanya selama dua bulan. Dengan melibatkan petugas sebanyak 971 orang. 

"Sensus pertanian ini nantinya petugas melaksanakan pendataan dari rumah ke rumah di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten OKI," ujarnya. 

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan Sensus Pertanian di Kabupaten OKI sendiri terdiri dari 11 Kelurahan dan 327 desa yang tersebar di 18 kecamatan Kabupaten OKI. Ratusan petugas tersebut nantinya yang mendata melaksanakan sensus.

BACA JUGA:BPS Siapkan Sensus Pertanian

"Saat ini untuk petugas Sensus Pertanian masih menunggu pelatihan,"ujarnya. 

Lanjut Jaya, petugas Sensus Pertanian ini perekrutannya berasal dari masyarakat Kabupaten OKI dengan cara mengikuti tes. Adapun petugas dari masyarakat OKI, agar mengetahui jelas keluarga atau KK petani yang akan didata. 

"Dari 900 petugas sensus yang mendata nanti terdiri dari 783 orang pencacah lapangan (PCL), 134 orang pemeriksa lapangan dan 21 orang merupakan koordinator sensus kecamatan," jelas Jaya. 

Dikatakan Jaya, semua rumah keluarga atau KK petani didata yang mengusahakan pertanian. Untuk di desa semua rumah tangga atau KK tani didata tanpa terkecuali. Tetapi untuk di kota hanya yang mengusahakan pertanian saja didata.

Jaya menegaskan, adapun tujuan dari pelaksanaan Sensus Pertanian ini adalah menyediakan data struktur pertanian sampai unit unit administrasi terkecil. Juga menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini. Serta menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan. 

BACA JUGA:Petugas BPS Musi Rawas Terjebak Lumpur Saat Sensus di Muratara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: