Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil Gunung Megang Sambangi Warga

Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil Gunung Megang Sambangi Warga

Imam Mahpud melakukan sosialisasi pencegahan karhutla di desa binaannya.--

Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil Gunung Megang Sambangi Warga

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Menghadapi musim kemarau tahun ini dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 04/Gunung Megang, aktif mengajak warga untuk melakukan pencegahan. 

Dalam upaya mencegah Karhutla, Babinsa aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat binaannya. Itu dilakukan oleh anggota Babinsa Sertu Imam Mahpud saat berada di Desa Suban Jeriji, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim. 

Selain memberikan materi sosialisasi mengenai Karhutlah. Babinsa Sertu Imam juga menyempatkan untuk sidak di salah satu perusahaan guna melihat kesiapan mereka jika di sekitar terjadi kebakaran hutan maupun lahan.

"Kami selain memberikan sosialisasi Karhutla kepada warga, juga melihat kesiapan dari PT MHP untuk mengatasi jika ada kebakaran lahan dan hutan. Ini instruksi dari Komandan Kodim 0404 Muara Enim,” kata Imam Mahpud dikutip enimekspres.bacakoran.co, Rabu 17 Mei 2023.

Terpisah, Komandan kodim 0404/ Muara Enim, Letkol Arh Rimba Anwar SIP menjelaskan,  untuk seluruh wilayah Kodim 0404/ Muara Enim, wilayah Koramil se-Kabupaten Muara Enim yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.  

BACA JUGA:Cegah Karhutla, Kodim 0402 OKI Ingatkan Masyarakat

Termasuk juga di desa Suban Jeriji masuk wilayah Koramil Gunung Megang, langsung ditindaklanjuti Danramil 404-04/Gunung Megang Kapten Inf Agus Sonjaya.

"Kami sangat berharap sekali peran masyarakat Peduli Api, Pemerintah setempat dan seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif menjaga, menanggulangi supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," terang Dandim.

Lanjutnya, pihaknya juga sangat berharap peran serta masyarakat dan pemerintah desa dalam hal penaggulangan kebakaran hutan dan lahan, untuk disampaikan ke warga. Yakni jangan sampai terjadi persoalan hukum terkait Karhutla ini, lebih baik mencegah. 

Sementara itu, Danramil Gunung Megang, Kapten Inf Agus Sonjaya menerangkan, soal Karhutla ini menjadi atensinya, untuk itu berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan.

Mulai dari pengecekan kesiapan alat-alat karhutla berjalan dengan baik, alat-alat karhutla layak dan siap dipergunakan jika terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrim, BPBD OKI Siaga Cegah Karhutla 

"Tentu ini cuma persiapan, harapan kita jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil Gunung Megang,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: