Terbaru! Kemenag dan MUI Indramayu Nyatakan Salat Ied Shaf Campur di Ponpes Al Zaytun Hukumnya Sah

Terbaru! Kemenag dan MUI Indramayu Nyatakan Salat Ied Shaf Campur di Ponpes Al Zaytun Hukumnya Sah

--

Terbaru! Kemenag dan MUI Indramayu Nyatakan Salat Ied Shaf Campur di Ponpes Al Zaytun Hukumnya Sah

SUMEKS.CO - Mengejutkan, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu menyatakan, Salat Ied di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu Jawa Barat, yang mencampur shaf laki-laki dan perempuan jadi satu hukumnya sah dan tidak batal.

Kemenag Indramayu angkat bicara mengenai polemik di Ponpes Al Zaytun yang sempat menghebohkan publik, karena mencampur shaf laki-laki dengan perempuan saat menggelar Salat Ied 1444 Hijriah.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu 29 April 2023, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu, Aan Fathul Anwar mengatakan, pihaknya ikut membenarkan atau menyimpulkan Salat Ied di Ponpes Al Zaytun beberapa waktu adalah sah.

BACA JUGA:HOT INFO! Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al Zaytun Beberkan Alasan Bermadzhab Kepada Soekarno, Ternyata...

Menurut Aan, pembenaran tersebut berdasarkan pandangan dan merujuk fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu, yang lebih dulu menyatakan Salat Ied yang dilakukan oleh Ponpes Al Zaytun hukumnya sah dan tidak batal.

"Selagi itu tidak melanggar aturan yang qath'i, ya kita memberikan kebebasan kepada semua umat Islam menjalankan agamanya sesuai keyakinan dan Mazhab yang mereka yakini," ujar Aan.

Aan juga menyampaikan, pihaknya telah melakukan klarifikasi kepada Ponpes Al Zaytun. Namun, saat dimintai keterangan, Ponpes AL-Zaytun mengambil dasar hukum Quran Surah Al-Mujadilah ayat 11.

"Yang pertama dia mengambil dasar hukum Surah Al-Mujadilah (QS:11), di situ disampaikan bahwa 'Berlapang-lapanglah dalam suatu majelis," kata Aan.

BACA JUGA:Ambyar! Panji Gumilang Sebut Ponpes Al Zaytun Bermadzhab Kepada Bung Karno, Warganet: Fanatik Amat Sih Sama

Tak hanya itu, Aan juga menjelaskan tentang sosok wanita yang berada di shaf pertama tepatnya dibelakang imam. Menurut penuturan yang disampaikan, perempuan yang berada didepan itu merupakan istri pimpinan Al-Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang.

"Saya ngambil dari informasi lain ternyata perempuan itu adalah istri Syekh (Panji Gumilang)," terang Aan.

Yang mengagetkan lagi, ternyata laki-laki yang ada di shaf depan itu merupakan seorang non muslim. Kendati tidak ikut salat, laki-laki non muslim tersebut ditempatkan di shaf depan dengan alasan sebagai tanda penghormatan.

"Itu yang non muslim tidak salat. Sebagai penghormatan saja, makanya ditaruh didepan," tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: