Kemenag Tegaskan Waisak 2567 BR Bertepatan 4 Juni 2023, Begini Alasannya

Kemenag Tegaskan Waisak 2567 BR Bertepatan 4 Juni 2023, Begini Alasannya

Peringatan Waisak tahun lalu dipusatkan di Candi Borobudur. FotoL Katran 99 Instagram--

Kemenag Tegaskan Waisak 2567 BR Bertepatan 4 Juni 2023, Begini Alasannya

SUMEKS.CO- Masih adanya polemik sejumlah pihak terkait kepastian tanggal peringatan Waisak 2567 BE, apakah bertepatan 6 Mei 2023 atau 4 Juni akhirnya Dirjen Bimas Buddha angkat bicara.

Perayaan Waisak 2567 Buddhis Era (BE) bertepatan dengan 4 Juni 2023, bukan 6 Mei di tahun yang sama.

Ya, penegasan ini disampaikan Dirjen Bimas Budda Keemenag Supriyadi menyusul masih adanya pertanyaan sejumlah pihak terkait kepastian tanggal peringatan Waisak 2567 BE. Ada yang beranggapan Waisak bertepatan 6 Mei 2023.

Waisak atau Waisaka (Pali; Sanskrit: Vaiśākha) merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. 

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Usulkan 23 WBP Terima Remisi Waisak

Nama ini diambil dari bahasa Pali "Wesakha", yang pada gilirannya juga terkait dengan "Waishakha" dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai "hari Buddha".

"Waisak 2567 BE bertepatan 4 Juni 2023. Ini juga sudah terakomodir dalam Surat Keputusan Bersama antara Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Tenaga Kerja," tegas Supriyadi di Jakarta, Sabtu 29 April 2023.

"Jadi masyarakat, utamanya umat Buddha, tidak perlu bingung lagi," sambungnya.

Menurut Supriyadi, peringatan detik Waisak hanya ada di Indonesia dengan menggunakan patokan astronomi universal. 

Warisan pendahulu umat Buddha ini menjadi sesuatu yang khas Indonesia, sekaligus melambangkan persatuan dan kesatuan umat Buddha Indonesia dari berbagai penggunaan kalender lunar (Tionghoa, Jawa, Bali) dan tradisi agama yang berbeda-beda.

"Pedoman yang dipergunakan dalam penetapan hari raya Tri Suci Waisak dan hari besar Buddhis lainnya di Indonesia adalah Purnama-Sidhi berdasarkan perhitungan Astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern," jelasnya.

Dalam penetapan hari besar Buddhis, lanjut Dirjen Bimas Buddha, pergantian hari dimulai pada pukul 12 penetapan tengah malam. Sehingga, upacara puja dapat dilaksanakan sesudah atau tepat pada detiknya.

BACA JUGA:Ini Pesan Peringatan Hari Waisak di Kota Lubuklinggau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: