Juarai Proliga 2023, Ternyata Ini Briefing SBY kepada Lavani Menjelang Final Lawan Jakarta Bhayangkara Presisi

Juarai Proliga 2023, Ternyata Ini Briefing SBY kepada Lavani Menjelang Final Lawan Jakarta Bhayangkara Presisi

SBY Pendiri Tim LavAni saat memompa tim jelang grandfinal Proliga 2023. Foto: Lavani forever Instagram--

Dan katanya itu tidak mudah, itu karena ketangguhan skuat tim Lavani. ''Dan jangan lupa itu pertolongan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.'' Jelasnya. 'Semboyan LavAni sudah jelas, menang dengan terhormat dan mulia, tambahnya.

Kobaran semangat SBY ini mulai agak mereda ketika menyebutkan LavAni memang pernah kalah satu atau dua kali. Tapi kekalahan akan menjadilan evaluasi. Kekalahan adalah kemenagan yang tertunda. 

Atlet atau tim yang baik adalah yang bisa mengetahui kekuatan, dan kelemahan dirinya. Kekuatan akan dijaga dan kelemahan akan diperbaiki. 

BACA JUGA:SBY Bangga Jakarta LavAni Pertahankan Gelar Juara, Presiden Federasi Bola Voli Dunia Apresiasi Proliga 2023

Lantas apa keuatan tim LavAni? Kekuaran pertama adalah kebersaman dan kekeluargaan. Kedua lavani bermain tenang dan simpatik. Dan tak pernah menyerah. ''Ini jangan tingalkan dan jangan lupa ini,''

Tahun lalu LavAni sudah juara. Resepnya berlatih keras dan berlatih efekitif. Pandemi tak berhenti berlatih. 2 tahun tetap berlatih. Dan siap hadapi grandfinal. ''latihan adalah proses,''jelasnya.

Proses yang baik hasil akan baik.  SBY bangga karena skuat LavAni semua tidak sombong. ''Kalau bahasa jawanya Lembah Manah, dan kalau bertanding all out.'' 

BACA JUGA:Ini Saran Ketua Federasi Bola Voli Internasional untuk Proliga 2024

SBY terus memantau timnya, hanya absen di Gresik dan Palembang. Saat berlaga tim LavAni sering ada tekanan hebat dari supporter lawan. Kadang menganggu konsenrasi tapi kalian tatap cool. 

Misalnya ketika bermain dengan Jakarta STIN BIN, suporternya yang luar biasa. Suporter yang terdiri dari para anggota. Namun, SBY meminta jangan salahkan mereka. Dan jangan benci mereka. 

Mereka suporter adalah rakyat Indonesia,  mereka suppoerter diperintah oleh atasannya. Saya tahu itu. Karena saya lama didunia militer, hampir 30 tahun,'' jelasnya.

BACA JUGA:Proliga 2023, Meski Tak Masuk Final Four Palembang Bank Sumsel (PBS) Pulang dengan Kepala Tegak

Di dunia olagraga ada etika ada rulenya. Kalau bermain jangan punya niat menghancurkan lawan. Junjung persatuan dan persaudaraann. ''Usai bermain kenali dan jaga persaudaraan dan bersilaturahmi,'' jelas SBY. (*)

BACA JUGA:Berikut ini Peraih Penghargaan Tim Putra Proliga 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: