Ini Spesies Ikan Belida Sumsel

Ini Spesies Ikan Belida Sumsel

Ikan Belida.--

Hidup di wilayah perairan tawar di pulau Sumatra dan Kalimantan, belida sumatera ini memiliki ciri bentuk tubuh yang pipih memanjang dengan warna perak serta memiliki pinggiran berwarna hitam tepatnya pada sirip punggung, sirip ekor, sirip dubur, dan sirip perut.

Ikan ini memiliki rahang yang dapat memanjang sesuai pertambahan usia. Rahang ikan ini bisa tumbuh hingga jauh melampaui batas belakang mata. Bibir bawahnya membentuk lekukan seperti kantung di bagian belakang.

BACA JUGA:Rumah Singgah Belido Musi Polsekta Sukarami Pertama di Palembang

3. Ikan Belida Lopis (Chitala lopis)

Sama seperti jenis belida lainnya, belida lopis juga memiliki tubuh yang pipih memanjang. Bagian punggungnya tampak membesar dan bagian samping badan terdapat gurat sisi yang dibentuk oleh sisik kecil sikloid. Ikan ini memiliki perut berduri ganda dengan ekor yang panjang. Belida lopis dapat dijumpai di sungai berarus dan rawa yang berada di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

4. Ikan Belida Jawa (Notopterus notopterus)

Tubuh ikan belida jawa berbentuk pipih memanjang dengan panjang maksimal 60 sentimeter. Bagian atas kepala sampai punggungnya berbentuk cembung dan akan mengerucut di bagian ekor. Ikan ini memiliki mulut yang ukurannya cukup besar.

Belida jawa memilik 28-37 pasang duri kecil di bagian perutnya. Sirip pada bagian punggungnya pendek sedangkan di bagian duburnya  memanjang. Sirip terlihat transparan atau kecoklatan.

BACA JUGA:Eceng Gondok Berkembang, Anak Sungai Musi Terancam

Habitat ikan belida jawa adalah sungai, rawa, danau, dan perairan payau. Belida jawa menyukai air yang memiliki aliran lebih lambat. Sesuai namanya, Belida ini dapat ditemukan di wilayah Jawa. Namun, ada juga yang dijumpai di perairan tawar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: